TANJUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Tabalong terus berupaya untuk membina dan mengembangkan kebiasaan dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi masyarakat mulai dari sekolah sampai kep-ada tatanan rumah tangga yang diharapkan mampu menanamkan sikap dan perilaku hidup sehat bagi diri sendiri dan dapat memberikan pemahaman terhadap orang lain tentang pentingnya perilaku hidup sehat itu.
Salah satu program Dinas Kesehatan kabupaten Tabalong melalui bidang promosi guna memberikan pemahaman dan pengertian pentingnya PHBS adalah kegiatan pertemuan desiminasi dan informasi PHBS tatanan rumah tangga bagi petugas promkes, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kader-kader kesehatan se kabupaten Tabalong yang diselenggarakan Kamis (16/10) tadi di gedung Pusat Informasi Tanjung. Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Tabalong Dr.H.Syarifuddin Baseri.
Para peserta dalam pertemuan desiminasi dan informasi itu diberikan pengetahuan dan pemahaman akan pentingnya PHBS mulai dari lingkungan rumah tangga untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu melaksanakan PHBS serta berperan aktif dalam kesehatan di masyarakat.
Salah satu narasumber Kabid Promosi Dinas Kesehatan kabupaten Tabalong H.Ahmad Rivai memeberikan paparan beberapa hal yang menyangkut kesehatan dan bahaya bagi kesehatan akibat kebiasaan buruk seperti gemar merokok yang dapat mengakibatkan kematian dan berpengaruh buruk terhadap orang lain, perilaku penyebab terbesar masalah kesehatan bagi masyarakat di Indonesia akibat perilaku buruk kebiasaan merokok dapat menyebabkan timbulnya serangan jantung, stroke, kanker, pernafasan dan rendahnya kekebalan tubuh. (metro7/via)