Bupati HST Harun Nurasid ketika berdialog dengan para jemaah haji yang akan berangkat menuju tanah suci Mekkah, usai di lepas secara resmi. (foto/humas)
Barabai — Pesan itu disampaikan Bupati HST H. Harun Nurasid saat melepas secara resmi keberangkatan para jemaah calon haji kabupaten HST tahun 2012 / 1433 H kloter 12 embarkasi Banjarmasin yang berjumlah 275 orang ditambah 2 orang petugas daerah TPHD, dan petugas kesehatan, bertempat di halaman kantor Bupati HST minggu (14/10).
Ke enam pesan itu adalah : 1. Menjaga kesehatan, 2. Jaga kekompakan selaras dengan semboyan Murakata, 3. Perdalam ilmu yang di dapat tentang haji pada saat manasik, 4. Kepada Petugas TPHD, seperti melontar jumrah, Bupati Berharap agar jangan sampai terpisah rangkaian kelompok yang satu dengan yang lainnya, 5. Do’akan keluarga dekat, teman, tetangga dan kerabat serta do’akan warga HST, 6. Do’akan banua HST agar aman, damai dan terhindar dari bencana, semakin sejahtera, dan do’akan kami para pemimpin Banua ini agar dapat menjalankan tugas hingga akhir jabatan nanti.
Kemudian sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Harun juga mengungkapkan perasan yang tercampur antara bahagia dan haru melihat warganya yang terpilih untuk dapat berangkat ke tanah suci disertai dengan do’a semoga sekembalinya nanti ke banua menjadi haji yang mabrur.
 Turut hadir pada acara pelepasan jemaah calon haji kabupaten HST ini unsur Muspida HST, para alim ulama dan tokoh masyarakat, para kepala SKPD di lingkungan Pemkab HST, Ketua TP PKK HST dan undangan lainnya.
Acara dilanjutkan dengan pembacaan Talbiyah oleh Bupati didampingi Kepala Kantor Kementrian Agama HST dan Undangan lainnya yang diikuti para jemaah dan pengantar, kemudian do’a shafar yang dibawakan ulama K.H. Aspan dilanjutkan lantunan adzan yang mengantarkan keberangkatan para jemaah. 
Sementara para pengantar jemaah turut memenuhi halaman kantor Bupati HST ini sehingga para petugas dari Kantor Kementrian Agama HST dibantu Aparat Polres HST dan Satpol PP turun tangan guna mengamankan jalannya acara, disamping juga turut menamankan lokasi acara agar pada saat para jemaah calon haji menuju mobil yang disediakan tidak terhalang oleh para pengantar. (advhumashst)