Barabai–Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap kehidupan masyarakat di wilayahnya. Hal itu dibuktikan dengan pemberian bantuan berupa paket sembako dan pakaian layak pakai untuk korban kebakaran di Haruyan, beberapa waktu lalu.
Bantuan sosial ini diserahkan langsung oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten HST, Hj Suryatin Hidayah, dengan didampingi oleh Ketua MPI HST H Agung Parnowo.
Kedatangan pengurus DPD KNPI HST yang menggunakan dua mobil disambut hangat oleh warga dan tokoh masyarakat setempat. Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis dan diterimakan oleh  Norlaila, perwakilan dari tiga keluarga yang terkena musibah kebakaran yang menghanguskan dua buah, Minggu (20/1/2013) lalu.
Keluarga korban mengucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian dari pengurus DPD KNPI HST dan menjelaskan kebakaran tersebut disamping telah menghanguskan tempat tinggal mereka sehingga hanya sebuah sepeda motor dan televisi yang bisa diselamatkan juga menyisakan trauma akibat kebakaran pada salah satu korban, Muhyar.
Ketua DPD KNPI HST Hj Suryatin Hidayah mengharapkan agar para korban dapat tabah dan sabar atas musibah yang dialami. Menurutnya, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban keluarga yang tertimpa musibah.
“Bantuan yang diberikan merupakan swadaya dari pengurus DPD KNPI dan bantuan dari MPI KNPI HST. Meski nilainya tidak besar sesuai kemampuan kami, namun ini sejalan dengan keinginan keluarga besar DPD KNPI HST untuk dapat memberikan bantuan dan mendekatkan kader di masyarakat,” katanya.
Diungkapkannya bentuk kependulian ini telah menjadi komitmen dan program kerja dalam kepengurusannnya agar masyarakat juga merasakan kemanfaataan dan eksistensi keorganisasian pemuda KNPI yang saat ini memiliki 78 pengurus, memayungi 27 Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), 11 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) se Kabupaten HST.
Ketua MPI KNPI HST H Agung Parnowo mengapresiasi kegiatan aksi sosial DPD KNPI yang kedua kalinya ini  setelah sebelumnya telah memberikan bantuan serupa di Desa Teluk Mesjid, Haruyan, pihaknya menyatakan siap membantu demi kelancaran program KNPI yang mengusung kebersamaan, kemandirian dan kepedulian dalam bantuk karya, bukti dan aksi ini.
Diharapkannya pula kegiatan ini seperti ini dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan, tepat sasaran dan tepat bantuan, dilakukan secara baik dan terorganisir dan juga nantinya bisa menyentuh semua kecamatan sesuai dengan kemampuan pengurus dan sumbangan donator agar KNPI benar-benar makin memasyarakat, kadernya peduli sosial dan aktif untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana. Metro7/AdvHum