PARINGIN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Balangan, Kalsel, memastikan gelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II di kabupaten setempat akan dilaksanakan pada 28 Oktober – 15 November 2015.
Ketua KONI Balangan, Marhat meyakini, rencananya menggelar Porkab Balangan II tahun 2015 akan berjalan lancar dan kondusif, dan tidak akan mempengaruhi stabilitas keamanan pada tahapan Pilkada 2015.
“Ini merupakan kegiatan kedua yang kita gelar, berkaca dari pelaksanaan Porkab pertama pada 2014 lalu, tahun ini cabang olah raga (Cabor) yang kita ikutkan dalam Porkab lebih banyak lagi, dan kerjasama dengan pihak Kepolisian Resort Balanga serta Anggota TNI setempat, kita yakini Porkab ini akan berjalan aman dan lancar,” ujarnya.
“Untuk cabang sepak bola yang sebelumnya dikhawatirkan tidak bisa digelar karena menyangkut masih adanya permasalahan di tingkat nasional, kita jelaskan bahwa cabang ini tidak termasuk untuk dilarang diadakan, karena yang masih dipermasalahkan di pusat adalah yang berskala nasional, sedang kita hanya skala Kabupaten Balangan, ujarnya lagi.
 
Setidaknya ada 14 cabor yang bakal diikutkan dalam kegiatan Porkab II Balangan ini, di antaranya atletik, basket, tenis meja, bulutangkis, voly, bilyard, tenis lapangan, pencak silat, sepak bola, catur, karate, taekwondo, sepak takraw dan binaraga.
Selain itu lanjut Marhat, pihaknya juga akan memberikan ruang kepada bela diri khas kalimantan selatan, yakni kuntau untuk ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.
Selama ini lanjutnya, dia melihat keberadaan beladiri khas daerah yaitu kuntau kurang populer, lantaran rendahnya minat anak-anak untuk mempelajari dan turut melestarikannya.
“Setidaknya dengan diikutkannya kuntau pada Porkab, kita bersama-sama turut serta melestarikan kesenian daerah,” ungkapnya.
Untuk mekanisme Porkab sendiri kata Marhat, yaitu diikuti oleh semua kecamatan yang ada di Balangan, dan masing-masing kecamatan mengirimkan perwakilannya yang akan bertanding pada masing-masing cabor.
“Untuk atlet yang dibawa masing-masing kecamatan ke tingkat kabupaten, semua kita serahkan kepada setiap kecamatan terkait mekanisme seleksi atletnya,” jelas ketua KONI Balangan.
“Khusus untuk cabang sepak bola, undangan kegiatan ditujukan ke seluruh SLTA yang ada di Kabupaten Balangan, jika semua mendaftar, sepertinya akan ada 18 SLTA yang akan mengikuti turnamen sepak bola kelompok sekolah tingkat atas tersebut”, paparnya. (metro7/wnd)