KOTABARU, metro7.co.id – Pasca banjir yang melanda Desa Sampahanan, Kecamatan Sampanahan, Minggu kemarin, bantuan pun datang dari pemda.

Bantuan diberikan langsung oleh Bupati Sayed Jafar kepada warga yang terdampak. Selasa (14/7/20).

“Alhamdulillah hari ini kita bisa bertemu langsung kepada warga yang terkena musibah banjir, dan bisa berbagi memberikan bantuan untuk meringankan beban mereka,” kata bupati.

Kepala Desa Sampanahan Bambang Erdani mengatakan, musibah banjir terjadi pada minggu pagi hingga malam, mengakibatkan air sungai meluap dan masuk kerumah-rumah warga.

“Akibat intesitas curah hujan yg tinggi maka terjadi banjir mencapai satu meter. Banjir merendam ratusan rumah, jumlah korban sebanyak 150 kepala keluarga dengan 800 jiwa,” kata Bambang.

Bambang mengatakan, selama sepuluh tahun terakhir, baru kali ini terjadi lagi banjir yang merendam kebun dan sawah masyarakat.

“Ada kurang lebih 16 hektare sawah yang gagal panen dan sekitar 4 hektare kebun pisang yang rusak akibat banjir,” ujarnya.

Adapun bantuan juga diberikan kepada warga Desa Magalau Hilir, Kecamatan Pamukan Barat sebanyak 30 kepala keluarga dan Desa Gedang Timburu, Kecamatan Sungai Durian sekitar 15 kepala keluarga.

Bupati juga meninjau jembatan gantung yang rusak akibat terjangan banjir berada di Desa Gedang Timburu.

Untuk perbaikan jembatan sendiri, rencananya dalam waktu dekat, akan segera dilaksakan, karena dari sisi kekuatan, bentang jembatan masih kuat dan bisa diperbaiki. ***