KOTABARU, metro7.co.id – Gempa bumi terjadi di Kotabaru, Kalsel pada Selasa 23 April 2024, sekitar pukul 19.17 WITA.

Pusat gempa berada di wilayah perairan Kotabaru, yakni 79 km Timur Laut Kotabaru atau 26 km Tenggara Tanjung Samalantakan, Pamukan Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Kotabaru, Hendra Indrayana melaporkan bahwa gempa tektonik dengan Magnitudo 3.0 SR ini tidak dirasakan oleh seluruh masyarakat Kotabaru.

Akan tetapi kata dia BPBD Kabupaten Kotabaru menghimbau untuk waspada terhadap gempa susulan yang mungkin akan terjadi.

Ia mengingatkan untuk kegiatan mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana khususnya gempa bumi agar menyiapkan tas siap siaga bencana.

“Untuk memverifikasi atau memvalidasi adanya gempa atau tidak adalah melihat air dalam suatu wadah apakah bergerak atau tidak bergerak. Apabila bergerak maka itu merupakan suatu gempa,” kata Hendra.

Ia menghimbau apabila gempa terjadi dan dirasakan segera untuk mengevakuasi diri sendiri ke tempat yang tidak ada bangunan.

Hendra mengatakan apabila pintu keluar evakuasi dan dirasa tidak mungkin untuk keluar dari rumah, segera berlindung di bawah meja atau ranjang kasur dan kepala bagian belakang wajib tertutupi minimal menggunakan tangan.

“Jika tidak terdapat meja ataupun benda untuk berlindung segera bergerak menuju tiang pondasi rumah atau tiang kayu penyangga rumah dengan menutup kepala bagian belakang minimal menggunakan tangan,” tuturnya.

“Kemudian jika kondisi sudah tidak terasa gempa harap evakuasi diri meninggalkan rumah, sampai informasi selanjutnya dari pihak BPBD/pemerintah daerah terkait,” imbuhnya. ***