KOTABARU – Tuntut hak dari perusahaan, ratusan buruh sawit PT Jaya Mandiri Sukses -EHP Grup dari Kecamatan Hampang dan Kelumpang Hulu berunjuk rasa ke kantor DPRD Kotabaru. Kamis (28/2).

Dengan menumpangi tiga buah truk menuju Pulau Laut, para buruh yang bernaung di serikat pekerja perkebunan berlian estate, merah delima estate, rajawali estate dan intan estate berkumpul di Siring Laut.

Setelah terkumpul, secara beriiringan mereka bergerak menuju depan kantor Dewan.

Perwakilan buruh Taufik Donatus mengatan kedatangan mereka untuk menuntuk hak- hak yang selama ini tak ditunaikan oleh perusahaan.

” Kedatangan kami kesini untuk menuntut hak buruh yang didiskriminatif oleh perusahaan,” koar Donatus didepan awak media.

Ia membeberkan bahwa buruh tidak dibayar secara UMK dan dibayar dicicil. Iuran BPJS mereka dari bulan Juni juga tidak dibayarkan.

” Alasan mereka masalah keuangan perusahaan global dan kami meminta kedepannya tidak terulang. Untuk itu kami para buruh meminta pihak DPRD dan Disnakertrans mengawal permasalahan ini. Supaya perusahaan menjalankan kesepakatan yang sudah ada,” tandasnya.

Wakil DPRD Mukni yang kebetulan berkantor bersedia menemui para buruh. Dan akan menindaklanjuti permintaan mereka.

” Kita tampung aspirasi bapak. Dan nanti kita tindak lanjuti,” tukasnya. (metro7/ syn)