KOTABARU, metro7.co.id – Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto, metakkan batu pertama pembangunan Gedung Pelayanan Terpadu, Mako Polres Kotabaru, Rabu (24/3/2021) di Jalan Pangeran Diponegoro. Peletakan ini menandai dibangunnya gedung berlantai dua di luas tanah 1052 M2.

Kapolda mengaku kunjungan kerjanya ke Polres Kotabaru adalah kunjungan resmi yang pertama sejak ia menjabat Kapolda Kalsel. Kedatangannya ke Kalsel disambut sejumlah hal, seperti covid, pilkada, nataru dan bencana banjir.

“Kita sangat berterima kasih kepada pemda yang telah banyak membantu Polres Kotabaru dalam pembangunan ini, juga bantuan lainnya untuk Polres Kotabaru,” kata Rikwanto.

Pembangunan yang menelan dana 7,4 miliar rupiah ini, menurut Rikwanto nilainya sangat besar.

“Ini bukan jumlah yang kecil. Jadi kalau pemda mau mengibahkan, menggelontorkan uang sekian ini, sebuah prestasi besar kepada Pak Kapolres ini,” ujarnya.

“Saya berharap amanah ini ditampung, digunakan sebaik-baiknya. Jangan sampai disalahgunakan,” katanya

Adapun Kapolres Kotabaru, AKBP Andi Adnan Sjafruddin mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Kalsel atas waktu yang diluangakn untuk berkenan berhadir di Polres Kotabaru.

Kapolres menceritakan awal mula rencana dibangunnya gedung baru, pada Februari 2020 lalu saat kondisi hujan lebat, sejumlah kantor mengalami banjir karena air banyak menetes dari plafon. Genteng banyak yang bocor dan keramik sudah banyak yang terlepas.

Ia menilai kondisi tersebut apabila terus dipertahankan pelayanan kepada masyarakat akan kurang optimal.

Atas dasar itu Kapolres kemudian bersilaturahim ke Bupati Sayed Jafar kala itu. Dan mendapat respon positif dari pemerintah.

“Ketemu beliau kami ceritakan kondisi kantor kami saat itu. Alhamdulillah beliau sangat merespon positif. Akhirnya pak bupati menyetujui dan siap membantu dibangunkan yang baru. Dan pihak DPRD juga merespon positif,” kata Andi Adnan.

Andi berucap amanah Pak Kapolda minimal bangunan struktur dapat bertahan selama 50 tahun juga sudah ia sampaikan ke kontraktur

“Mudahan bulan 11 sudah selesai, targetnya tujuh bulan. Di situ nanti akan ada kantor penjagaan sabhara, seksi propam, ruang video konferensi yang lebih modern, ruang Kapolres, Waka Polres dan pelayanan yang lainnya,” bebernya.

Sementara Plh Bupati Said Akhmad, menyebut pembangunan gedung pelayanan terpadu Mako Polres Kotabaru yang baru sangatlah penting dalam mendukung peningkatan kualitas Polres Kotabaru.

Said berujar dukungan pemerintah daerah masih akan tetap berlanjut untuk Polres.

“Dukungan pemerintah daerah tak sebatas ini saja, kedepan pemda akan terus memberikan dukungan kepada Polres Kotabaru dalam rangka memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tukas Said. ***