KOTABARU, metro7.co.id – Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru Letkol Laut (P) Sadarianto, ST M Han didampingi oleh ketua Jalasenastri cabang 5 Korcab XIII DJA II, Yunice Sadarianto memimpin upacara Hari Dharma Samudera tahun 2021 di KAL Kelambau 11-13-49.

Peringatan ini juga diikuti seluruh prajurit Lanal Kotabaru. Upacara dilakssnakan di geladak kapal. Kemudian KAL Kelambau berlayar menuju Selat Laut, Kotabaru untuk melakukan tabur bunga untuk mengenang pertempuran di Laut Arafuru.

Letkol Laut (P) Sadarianto, menjelaskan Hari Dharma Samudera merupakan hari bersejarah yang mengandung unsur patriotisme dan heroisme dalam pertempuran laut yang oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) di perairan Laut Arafuru melawan Belanda untuk pembebasan Papua.

Untuk memperingati serta mengenang peristiwa tersebut, maka setiap tanggal 15 Januari diselenggarakan upacara tabur bunga di laut dan rangkaian kegiatan-kegiatan lain yang menyertainya.

“Upacara tabur bunga di laut merupakan wujud pemberian penghargaan dan penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan yang telah gugur pada pertempuran laut dalam upaya merebut dan mempertahankan kemerdekaan negara dan Bangsa Republik Indonesia,” kata dia.

Dalam kegiatan tabur bunga di Selat Laut, Danlanal berharap semangat patriotisme dan heroisme tetap berkobar dijiwa -jiwa prajurit Matra Laut dalam menjalankan tugas menjaga NKRI.

“Peringatan Hari Dharma Samudera tahun ini semoga dapat menginspirasi bangsa Indonesia untuk membangun dan mengembangkan kembali kejayaan nusantara dengan menyadari bahwa laut adalah faktor kunci tercapainya kejayaan bangsa Indonesia sebagai poros maritim dunia,” tutur Danlanal. ***