KOTABARU – Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis turut menghadiri rangkaian acara Haul yang ke-14, ualam terkemuka di Kotabaru pada masanya yaitu KH Sulaiman Nain, di Kotabaru, Sabtu (19/1/20).

Ratusan jemaah pun turut menghadiri haul almarhum tahun ini. Jemaah nampak larut dalam lantunan salawat kepada Nabi Muhammad terdengar ritmis dan khidmat.

Lalu, dilanjutkan dengan tausyiah oleh pemuka agama berlangsung di MTS Darul Ulum, Jalan Mega Indah RT 07, Desa Semayap, Kecamatan Pulau Laut Utara.

Tak hanya warga Kotabaru, banyak juga warga dari luar daerah yang berdatangan untuk memperingati Haul Guru KH Sulaiman Nain.

“Saya ucapkan kepada seluruh para jemaah yang berhadir ini mudah – mudahan Allah akan membalas atas kebaikan dan kehadiran para jemaah Haul Guru kita ini,” ujar Syairi.

“Dan mudah- mudahan juga kita termasuk dalam golongan orang orang yang beriman sehingga kita mendapatkan ridhonya Allah SWT,” tukasnya.

Perlu diketahui, KH Sulaiman Nain lahir pada 15 Agustus 1939 di Desa Sembilang, Kecamatan Kelumpang Tengah. Beliau pernah mondok di Pesantren Darussalam Martapura.
Guru – guru beliau diantaranya; KH Abdul Kadir Hasan, KH Salim Maruf, Syekh Seman Mulia, dan KH Nazron Thahir.

Dimasa mudanya tidak hanya mengaji di pesantren, beliau juga berkeliling mengikuti pengajian seperti Guru H Kacil, Guru H Syirajuddin dan KH Hasyim. Ia juga sempat berguru pada KH Zaini Abdul Ghani atau Abah Guru Sekumpul.

Warisan terbesarnya adalah Yayasan Pendidikan Islam Al Muawwanah. Berdiri pada Oktober 1976, Al Muawwanah dari jenjang taman kanak-kanak sampai perguruan tinggi.

KH Sulaiman Nain mengalami kelelahan dan jatuh sakit pada 31 Mei 2006 silam. Ulama Kharismatik ini pun berpulang pada hari Rabu, 21 Juni 2006 usia 67 tahun. ( metro7/syn).