JAKARTA – Bupati Kotabaru Sayed Jafar Al Idrus bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru Arif Fadillah menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan peluncuran Gerakan Indonesia Bersih, yang dibuka langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Kamis tadi.

Rakernas ini bertujuan untuk mengajak seluruh pihak mewujudkan kepedulian pengelolaan sampah, sekaligus memperingati hari peduli sampah nasional tahun 2019 dan mensinergikan kebijakan kementerian/lembaga dan peningkatan kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah untuk mewujudkan Indonesia Bersih.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan agar gerakan tersebut terwujud. Dan meminta semua pihak terkait agar bekerja keras.

Hal tersebut dikarenakan sampah dapat berdampak pada kesehatan, lingkungan, pariwisata dan masa depan anak-anak.

Bupati Kotabaru, Sayed Jafar Al Idrus menyatakan Kabupaten Kotabaru siap untuk melaksanakan gerakan Indonesia bersih, serta memerangi sampah untuk menyukseskan program pengelolaan sampah di hari gerakan Indonesia bersih tahun 2019.

Gerakan Indonesia bersih ini, kata Sayed harus dimulai dari hal kecil dan sederhana seperti kesadaran membuang sampah pada tempatnya dan mencuci tangan.

Acara rakernas ini dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri PUPR, Basuki dan Wakil Menteri ESDM Archandra.

Juga hadir Gubernur, Walikota dan Bupati se Indonesia. ( metro7/hum)