KOTABARU – Pemkab Kotabaru melakukan tes cepat ( Rapid Test) Covid-19, kepada warga Kotabaru yang mengikuti Ijtimak se-Asia di Gowa, Sulsel.

Hasilnya 5 orang tersebut dinyatakan reaktif. Mereka berasal dari Desa Sarang Tiung dan Hilir Muara, Kecamatan Pulau Laut Sigam.

“Hasil rapid test reaktif 5 orang non reaktif 86 orang. Jumlah yang dari Gowa sudah dilakukan rapid test sebanyak 68 orang. Sisanya 63 belum di rapid test,” kata penanggung jawab Tim Gerak Cepat (TGC) Dinkes Kotabaru, Ernawati. Senin (13/4).

Ernawati menjelaskan kategori reaktif itu adalah orang yang terpapar virus namun belum bisa dipastikan virus itu Covid-19, bisa juga flu dan lainnya.

“Untuk mengetahui hasilnya positif kita harus melakukan swab. Hari ini sudah diambil swab – nya. Menurut informasi hasilnya hari Jumat, mudah-mudahan negatif,” ujarnya.

Ernawati mengatakan apabila hasilnya positif maka akan dilakukan isolasi di rumah sakit di Stagen yang sudah di sediakan.

“Kita diberikan dua hari untuk observasi kalau kondisinya membaik bisa dikembalikan sebagai ODP. Apabila memburuk akan kita rujuk ke rumah sakit rujukan,” katanya

“Untuk keamanan masyarakat kita malam ini akan lakukan pengangkutan pemindahan kepada 5 orang tersebut. Kita sudah siapkan satu orang satu ambulan,” pungkasnya. (metro7/syn).