KOTABARU, metro7.co.id – Badan Pengawasan Obat Makanan ( BPOM ) Kabupaten Tanah Bumbu berupaya menekan peredaran produk jamu dan kosmetik yang diproduksi tidak sesuai dengan standar mutu dan keamanan beredar di tengah masyarakat.

Untuk itu BPOM Tanah Bumbu melaksanakan pemilihan Duta Jamu dan Kosmetik Aman di Kotabaru.

Peserta diikuti 42 orang yang berasal dari Sekolah di Kabupaten Kotabaru, berlangsung di Hotel Grand Surya, Selasa (24/05/2022).

Perlu diketahui sebelumnya, Loka POM di Tanah Bumbu telah menandatangani kesepakatan bersama antara Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan Pemerintah Kabupaten Kotabaru pada tahun 2021.

Adapun ruang lingkup dalam kesepakatan bersama tersebut salah satunya penyelenggaraan Komunikasi, Informatika dan Edukasi ( KIE ) kepada masyarakat.

Di Era digital saat ini semakin memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi mengenai produk obat dan makanan, salah satunya adalah kosmetik.

Sehingga perlu memberikan masyarakat edukasi mengenai produk yang aman dan tidak beresiko bagi kesehatan.

Dalam kegiatan pemberdataan masyarakat, Badan POM menyelenggarakan program “BPOM Goes to School + Campus “, melalui pembentukan Duta Jamu dan Kosmetik Aman yang ditunjukkan untuk generasi muda yang nantinya akan menjadi Influencer bagi komunitasnya.

Agar terhindar dari berita hoax terkait obat dan makanan serta demi meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilih jamu dan kosmetik yang aman.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan selama dua hari dari 23-24 Mei 2022 ini, berasal dari 6 sekolah menengah atas di Kabupaten Kotabaru, antara lain SMAN 1 Kotabaru, SMAN 2 Kotabaru, SMAN Pulau Laut Timur, SMAN Pulau Laut Tengah, SMAN 1 Kelumpang Hilir dan SMAN 1 Kelumpang Hulu.

Narasumber dari Diskominfo Kotabaru juga dihadirkan untuk memberi pençerahan tentang optimalisasi teknologi informasi sebagai media komunikasi informasi dan edukasi. ***