KOTABARU – Pariwisata di Kotabaru terus menggeliat. Ini sejalan dengan visi yang diemban Bupati Sayed Jafar Al Idrus (SJA).

Untuk itu, pemerintah dalam hal ini Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) berupaya memberikan pelayanan untuk lebih menggaet banyak pungunjung melancong ke Kotabaru.

Kepala UPTD Disparpora, Julham Toni, mengungkapkan saat ini pihaknya terus melakukan beberapa kiat – kiat untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Salah satunya dengan menekankan kepada kebersihan tempat wisata, khususnya saat tingkat kunjungan meningkat.

Selain itu pihaknya menekankan juga dari sisi ketertiban separti penataan parkir. Kemudian memberikan keindahan dengan penataan pemandangan pohon – pohon dan tetap menjaga keramahtamahan.

“Welcome lah kita sama pengunjung. Mereka ini kan investasi bagi kita,” terang Toni sapaanya kepada wartawan. Kamis (16/1/20).

Bentuk lain kata Toni, dengan menghadirkan pusat informasi yang dibangun di are Pantai Gedambaan. Yang bertujuan memberikan pengunjung terkait lokasi destinasi wisata yang ada di Kotabaru.

“Destinasi kan juga ada yang di pulau – pulau di kecamatan. Hampir dua ratusan saat ini destinasi wisata di Kotabaru yang terdata. Jadi sementara ini di pusat informasi kita bisa memberikan informasi misalkan ada pengunjung yang pengen mengetahui dimana itu Teluk Tamiang, jaraknya kira – kira berapa jauh, dan lainnya,” jelas Toni.

Ditambahkannya saat ini Kotabaru masih mempunyai tiga wisata yang dikelola mampu mendapatkan PAD antara lain Pantai Gedambaan, Siring Laut dan Tumpang Dua.

“Untuk di daerah kecamatan – kecamatan kita masih tahap pembinaan dalam hal tata tertibnya melalui kelompok sadar wisata, kita menuntut sadar wisata disetiap destinasi itu apa yang kita inginkan, orang inginkan tersampaikan,” katanya. (metro7/syn).