KOTABARU, metro7.co.id – Bupati Sayed Jafar didampingi wakil Andi Rudi Latif menghadiri kegiatan Pelayanan Ternak Terpadu program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SiKomandan) di Desa Telagasari, Kelumpang Hilir, Kamis (5/08/21).

Bersama kelompok tani Dharma Bakti Telagasari, kegiatan dihelat sebagai wujud dukungan Seratus Hari Kerja (Bersahaja) Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru.

Bupati dan wabup sekaligus meninjau proses inseminasi buatan hewan ternak sapi dan pemberian vaksin untuk ternak ayam.

Kepala Dinas Pertanian Kotabaru, Hairuddin menyampaikan bahwa potensi peternakan di Kotabaru termasuk di Kelumpang Hilir sangat besar.

Berdasarkan data, potensi peternakan di Kabupaten Kotabaru kurang lebih 12.490 ekor untuk sapi, kerbau 1.900 ekor, dan populasi sapi perah 11 ekor.

Ia mengatakan untuk potensi integrasi sawit dan sapi 31.793 hektare dengan daya tampung ternak sebesar 63.586 ekor.

“Integrasi sawit sapi ini adalah salah satu upaya memanfaatkan potensi lokal untuk menciptakan biaya murah, mengingat saat ini biaya perawatan sapi ini masih tinggi di daerah kita, sehingga sulit bersaing dengan daerah lain,” kata Hairuddin.

Setelah melakukan peninjauan, Bupati menyampaikan bahwa pelayanan ternak terpadu merupakan suatu hal yang membanggakan.

Kelompok tani kata dia sudah mampu mengembangkan ternak sapi dan juga pakannya yang sudah diolah secara lokal oleh para kelompok tani.

“Inikan luar biasa sekali, jumlah sapi yang ada di peternakan desa Telagasari ini sudah mencapai ribuan, tentu ini mendukung agrobisnis yang ada, dengan demikian jika memerlukan daging sapi kita tidak perlu keluar lagi mencari, termasuk pakannya pun sudah diolah secara mandiri oleh kelompok tani disini,” ucap Sayed Jafar.

Ihwal bantuan untuk kelompok tani, Sayed mengatakan pemda tidak akan menutup mata melihat potensi yang ada.

“Saya sudah sampaikan kepada kelompok tani sebelumnya, agar berkomunikasi dengan kepala Dinas Pertanian mengenai hal-hal apa yang diperlukan, kita tidak hanya bantu dari segi permodalan, bahkan hingga ke bimbingan teknisnya terus kita support,” katanya.

Kegiatan ini dirangkai pula dengan penyerahan bantuan sosial kepada disabilitas, lansia, anak terlantar, dan bantuan rutilahu kepada 4 kecamatan yakni Kelumpang hilir, Kelumpang Selatan, Kelumpang Hulu, dan Hampang. ***