KOTABARU, metro7.co.id – Polres Kotabaru menggelar simulasi sistem pengamanan Kota (Sispamkota) jelang Pilkada 2020, di tengah pandemi.

Kegiatan simulasi ini dilakukan guna melatih kesiapan anggota kepolisian dalam pengamanan pilkada. Ini sekaligus juga bentuk partisipasi Polres Kotabaru untuk mengikuti perlombaan yang dihelat Polda Kalsel.

Berbagai atraksi disuguhkan personil Polres Kotabaru dihadapan tim juri dari Polda Kalsel berlangsung di lapangan Siring Laut. Selasa (7/7/20).

Anggota Polres tampak semangat menampilkan kekompakan mulai dari barisan hingga yel-yel, meski cuaca kurang bersahabat.

Tim juri dari Mapolda pun tampak antusias menyaksikan peragaan dari anggota.

Dalam aksinya mereka memperagakan sejumlah adegan seperti kesigapan anggota dalam mengamankan warga yang pesta miras, terus ada adegan polisi mengamankan seorang warga yang melakukan kriminal, dan kegiatan patroli kamtibmas menggunakan mobil.

Hingga adegan penutup yakni peragaan pengamanan pilkada. Saat peragaan ini Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Sjafruddin ikut ambil bagian dengan menaiki mobil untuk memberikan himbauan kepada pendemo yang protes karena jagoan mereka kalah dalam pemilihan.

Mobil water cannon milik Dalmas pun diturunkan, suasana terlihat tegang karena para pendemo membakar benda, menimbulkan kabut asap hingga menampilkan suasana seperti kejadian nyata.

Melalui pengeras suara Kapolres meminta pendemo agar tidak melakukan tindakan anarkis dan menempuh jalur hukum.

“Saya minta saudara bubar dengan tertib dan silahkan saudara menempuh jalur hukum,” kata Andi

Kemudian adegan selanjutnya dimana perlahan massa bergerak menjauh dari kantor KPU setelah dihalau personil Dalmas dan diberi peringatan.

Tim juri diwakili Kasubdit Gasum Dit Sabhara Polda Kalsel, AKBP Drs Joko Sumantri, mengapresisi kekompakan yang ditampilkan anggota Polres Kotabaru.

“Rekan – rekan menampilkan tampak tidak kaku, keterpaduannya jelas. Meski kendala Kotabaru cuaca, tapi rekan – rekan menampilkan yang terbaik hari ini,” ujar Joko.

Joko menegaskan sesuai kebijakan Kapolda Kalsel dengan kamtibmas menguatkan kepekaan kepada situasi global, nasional, regional dan lokal terutama pada tiga hal, pertama pencegahan penyebaran Covid- 19, kedua karhutla dan ketiga pilkada serentak.

“Perlombaan ini sesuai surat Kapolri tentang perintah pelaksanaan bidang tugas sabhara antar Polres, Polresta.

Kapolres Andi Adnan mengatakan Dalmas Kotabru sudah disipakan jauh hari.

“Bagus sekali program yang diadakan Polda Kalsel. Ini salah satu strategi Polda Kalsel melihat kesiapan untuk menghadapi pilkada nanti. Tujuan kegiatan Dalmas ini, kita tidak boleh percaya diri kalau semuanya baik – baik saja dan aman – aman saja. Polri harus siap dalam segala situasi. Dan tetap berupaya agar kamtibmas ini berjalan sejuk damai,” kata Andi.

Terkait pilkada Andi mengingatkan pasti akan ada yang menang atau kalah. Dan jangan sampai merusak
persaudaraan.

“Harapan kami perbedaan pilihan itu wajar, kalau bisa jangan sampai merusak persatuan dan persaudaraan kita,” Andi mengingatkan. ***