KOTABARU, metro7.co.id – Ratusan masyarakat Pulau Laut Tengah memadati ruas ruas jalan jalan di Desa Mekarpura dalam menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H.

Membawa obor, mengenakan busana muslim tua -muda tumpah ke jalan jalan desa, Selasa malam (18/7/23).

Dengan penuh rasa bahagia dan semangat, ratusan masyarakat melaksanakan pawai obor dan burdah berkeliling kampung.

Mereka kompak melantunkan sholawat diiringi rebana dari Majelis Ba’alawy Desa Mekarpura. Tampak warga turun ke jalan dilintasi rombongan pawai tersebut.

Zulkifli Ketua Masjid Al Musamahah sekaligus ketua panitia menyambut antusias warga dalam menyambut pawai obor ini dalam rangka memperingati tahun baru Islam.

“Dari tahun ke tahun pesertanya terus bertambah. Tahun ini peserta pawai kurang lebih 300 orang,” kata Zulkifli

Acara ini kata dia merupakan agenda tahunan di Desa Mekarpura. Ia berharap dengan diadakannya acara ini masyarakat bisa lebih akrab lagi dengan hari hari besar Islam. Dan lebih meningkatkan lagi ukhuwah islamiyah.

Kambran Kepala Desa Mekarpura bersyukur tahun ini pawai obor ini kembali dilaksanakan.

“Alhamdulillah Mudahan tahun depan bisa lebih meriah lagi, Insyaallah kami dari Desa Mekarpura tahun depan sudah menganggarkan dana untuk tahun baru Islam di tahun depan,” ungkapnya.

Syamsuddin Ganie, tokoh agama setempat berharap diadakannya kegiatan ini generasi muda Islam dapat lebih memahami nilai-nilai tradisi Islam dan ketaatan dalam beragama.

“Dengan diadakannya sholawat keliling kampung ini Insyaallah syiar Islam akan semakin berkembang di Desa Mekarpura. Mudahan berkat sholawat, diangkat bala musibah di Desa Mekarpura,” ujarnya. ***