TANJUNG, metro7.co.id – Pergelaran Wayang Kulit diselenggarakan serentak di 78 titik seluruh Indonesia dan Luar Negeri dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-78. Termasuk di Wilayah Kabupaten Tabalong, Jumat (6/10) malam.

Dengan lakon Bimo Krido yang dimainkan Dalang Ki Teguh Yuwono, mendapat antusias yang luar biasa dari tamu undangan dan masyarakat Kabupaten Tabalong yang hadir memadati ruang Gedung Informasi, Tanjung, Kabupaten Tabalong.

Dalam sambutannya, Dandim Tabalong Letkol Czi Catur Witanto mengatakan pagelaran wayang kulit ini merupakan salah satu acara kesenian yang digelar dalam rangka memeriahkan 78 tahun kiprah TNI hadir dan menjalankan amanah sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Wayang merupakan suatu karya sastra tradisional yang telah melekat dan menjadi bagian dari bangsa Indonesia, khususnya bagi masyarakat Jawa namun secara universal dapat dinikmati dan juga digemari oleh seluruh Masyarakat Indonesia termasuk di Kabupaten Tabalong.

Tidak lupa Dandim juga memberikan apresiasi akan Kebudayaan Kalimantan Selatan yang beragam, seperti tarian japin, madihin, mamanda, hadrah, musik panting yang sama pentingnya untuk kita lestarikan.

Seiring berjalannya waktu, budaya-budaya ini mulai dilupakan dan perlahan-lahan semakin pudar. Para generasi muda saat ini lebih suka bermain media sosial dan cenderung lebih menyukai budaya luar.

“Oleh karena itu, melalui pagelaran kesenian kali ini, diharapkan dapat memacu kembali semangat untuk bersama-sama melestarikan kebudayaan Indonesia sehingga terus ada dan dapat dinikmati oleh generasi-generasi muda selanjutnya,” jelas Dandim.

Sementara itu, Abdurrahman warga Tanjung Selatan yang hadir menonton kesenian wayang kulit mengaku terhibur dan menikmati pagelaran yang berlangsung.

“Saya ini sebenarnya orang Banjar, tapi saya merasa terhibur dengan acara wayang yang dilaksanakan Kodim 1008/Tabalong ini, menurut saya ini sangat menarik untuk di saksikan bersama-sama kawan atau keluarga dan kada (tidak) perlu memandang suku atau asal daerah. Ya nikmati saja ” ucap Abdurrahman semangat, yang hadir menggunakan batik.

Acara ini turut dihadiri oleh Bupati Tabalong, Forkopimda Tabalong, Unsur SKPD Kabupaten Tabalong, Pimpinan Perusahaan, Pimpinan Perbankan, Unsur Muspika, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat Kabupaten Tabalong.