Amuntai — Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) tampaknya segera akan memiliki Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Pemerintah daerah setempat telah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk mengisi posisi jabatan karier tertinggi yang kini dijabat oleh Drh Suyadi sebagai pelaksana tugas.
Bupati HSU H Abdul Wahid HK  kepada Metro7 mengatakan, bahwa pihaknya akan memproses dan mengirim nama-nama bakal calon Sekda HSU ke provinsi minggu depan. “Mudah-mudahan minggu depan nama bakal calon Sekda akan kami kirim ke provinsi untuk diserahkan kepada gubernur,” jelasnya.
Wahid juga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengantongi nama-nama pejabat yang akan dipertimbangkan untuk menduduki posisi sekda tersebut. Namun, menurutnya, masih ada hal yang sifatnya prinsip dalam mengajukan nama-nama kandidat tersebut.
Ia mengatakan bahwa ada beberapa ketentuan dalam mengusulkan nama calon sekda tersebut. Di antaranya, pihaknya akan mengusulkan sebanyak tiga orang, dan tentu semua PNS yang  kepangkatannya sudah mencapai Eselon II mempunyai hak untuk dicalonkan.
Setelah itu pemerintah provinsi dalam hal ini adalah gubernur akan  memilih dua nama dari tiga calon yang telah diusulkan oleh pemerintah kabupaten tersebut.
Kemudian pemerintah provinsi akan melanjutkan prosesnya dengan mengirim berkas tersebut ke Kementerian Dalam Negeri yang akan menentukan satu nama, sesuai dengan aturan berlaku.
Wahid menegaskan ia tidak mempermasalahkan siapa pun yang akan menduduki jabatan sekda. Baginya, yang yang penting pada intinya orang tersebut harus  mempunyai keinginan untuk memajukan daerah. “Baik itu pejabat dari HSU sendiri atau pun pejabat yang berasal dari luar kabupaten HSU, yang terpenting mempunyai kemauan untuk memajukan HSU,” jelasnya.
Sementara itu pantauan Metro7 dalam beberapa bulan terakhir menyebutkan nama bakal calon sekda sudah mencuat di kalangan pejabat HSU. Di antara nama-nama tersebut salah satunya berasal dari pejabat Provinsi Kalimantan Selatan. (Metro7/Ayie)