AMUNTAI – Bertempat di Aula Banua Kita Amuntai, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dab Dinas Pendidikan Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar Nonton Bareng Film Inspiratif bersama guru dan pelajar HSU, Selasa (28/8). Kegiatan ini diselenggarakan di 25 kabupaten dan kota bersumber dari APBN. Pemkab HSU adalah urutan ke-15, dan akan dilanjutkan di Paser, Kaltim.
Tidak tanggung-tanggung 600 tenaga guru dan 700 siswa dari berbagai sekolah di HSU langsung menyerbu tidak sabar untuk mengikuti kegiatan tersebut. Acara berlangsung dari pagi dengan menyuguhkan film “Tiga Nafas Lucas” untuk jajaran guru, dan film “Hasduk Berpola” yang ditayangkan untuk anak-anak jenjang SD dan SMP.
Orang nomor 1 di HSU Drs. H. Abdul Wahid HK, MM, M.Si juga tidak ketinggalan menghadiri acara ini. Dalam sambutannya Bupati sangat mendukung inisiatif Disdik menggelar Nonbar Film Inspiratif. Diharapkan dengan tontonan ini dapat memupuk semangat membangun komitmen dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing tinggi, produktif dan berkualitas dengan peningkatan pendidikan di Banua.
“Kami berharap, mudah-mudahan film yang ditonton ini benar-benar memberikan inspirasi dan motivasi bagi kita semua serta dapat mendorong pembangunan karakter, khususnya guru dan siswa”, harap Wahid.
Dilain sisi Kepala Dinas Pendidikan HSU H. Rahmat menyampaikan, menjelaskan tujuan acara tersebut yakni meningkatkan kesadaran guru dan siswa serta mengenalkan wawasan kebangsaan melalui tontonan film.
“Antusias guru dan anak-anak begitu tinggi menonton film yang menceritakan perjalanan seorang guru” ujar Rahmat.
Mengenai makna dan pesan yang tersimpan dari film tersebut, pihak Kemendikbud selaku penyelenggara menjawab dengan tegas dalam sesi dialog, “Yah, semacam bedah filmlah,” katanya.(Metro7/HUMAS)