BARABAI, metro7.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor atau Paman Birin mendatangi Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Selasa (19/1).

Ia menggunakan dua buah helikopter guna meninjau langsung penanganan banjir di Bumi Murakata, mendarat di Stadion Murakata Mandingin, tepatnya di posko penanganan banjir.

Dalam kesempatan tersebut, Paman Birin menerima laporan situasi terkini dari Bupati HST H A Chairansyah terkait bencana banjir yang melanda Kabupaten HST.

Seperti disampaikan Bupati HST H A Chairansyah, bahwa debit air sungai sudah kembali normal, hanya genangan air yang tersisa di beberapa wilayah rendah.

“Seperti di wilayah Kecamatan Barabai, Labuan Amas Utara (LAU) dan Pandawan yang berkisar antara 10 hingga 30 cm,” ucapnya.

Sedangkan pengungsi, sebagian besar sudah kembali ke rumah masing-masing untuk melakukan pembersihan.

Namun, hingga saat ini masih terkendala kekurangan air karena PDAM belum bisa beroperasi.

“Perbaikan infrastruktur jalan terus dilakukan untuk membuka longsoran yang menutupi badan jalan, khususnya jalan yang berada di bawah tebing-tebing perbulitan,” katanya.

Menurut data BPBD HST, tutur Chairansyah, meninggal 8 orang, orang hilang 6 orang, rumah hilang 264 buah, rumah rusak 340 buah, rumah terendam 29.127 buah, jumlah KK 29.127 orang, jumlah jiwa 57.624 orang, dan jumlah pengungsi 8.173 orang.

“Sedangkan, fasilitas umum yang rusak, masjid 21 buah, langgar 31 buah, sekolah 28 buah, kantor 13 buah, jembatan 7 buah, dan jalan 1 buah,” ungkapnya.

Kemudian, HST menerima bantuan langsung dari BNPB Pusat senilai Rp 5 ratus juta yang di transfer ke rekening BPBD HST.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Kalsel juga menambah bantuan untuk penanganan banjir di HST senilai Rp 500 juta,” kata Gubernur kalsel, H Sahbirin Noor.

Selain itu, pemerintah pusat juga akan memberikan dana stimulan sebesar Rp 50 juta untuk rumah rusak berat, Rp25 juta untuk rumah rusak sedang, dan Rp 10 juta untuk rumah rusak ringan.

“Kita semua harus bekerjasama bantu-membantu dan bergerak, agar secepatnya masyarakat bisa bangkit dan pulih kembali,” tutupnya.

Sebelumnya, satu buah helikopter terlebih dahulu datang mengangkut bantuan paket sembako dari Presiden RI Jokowi.

Sebanyak 250 paket tersebut satu paketnya berisi 5 kg beras, 1 kg gula, 1 pak teh sosro, 1 liter minyak goreng, 1 bungkus masker dan stiker Covid-19.

Turut serta dalam rombongan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel Dr HC H Supian, Danrem 101/Ant Brigjen TNI Firmansyah, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, Deputi Ops BNPB Mayjen TNI Mar B Suryo, Ka BPBD Kalsel Roy Rizali Anwar dan Wadanlantamal XIII/Trk Kolonel Mar Nur Aziz. ***