Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H A Chairansyah beserta Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten HST Hj Ernawati Chairansyah menghadiri upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di Lapangan Dwi Warna Barabai, Sabtu (1/10).
 Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Dandim 1002 Barabai Letkol Inf Dodit Heri Setiawan. Upacara yang dimulai tepat pada pukul 08.00 wita juga diikuti oleh Ketua DPRD HST H Saban Effendi,  unsure FKPD HST, Plt Sekda HST Abu Yazid Bustami, para kepala SKPD HST, Kakemenag HST HM Yamani, para Camat, dan undangan lainnya serta peserta upacara.
 “Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun seperti yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI),” kata Dandim Dodit Heri Setiawan usai memimpin upacara.
 Lebih lanjut ia menyatakan bahwa Pancasila merupakan ideologi final bangsa Indonesia dan tidak bisa lagi ditawar. “Pancasila merupakan ideologi final dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari bangsa Indonesia,” tegasnya.
 Sementara itu, Wabup HST H A Chairansyah berharap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seperti kerja keras maupun gotong royong, dapat diterapkan masyarakat. “Kita mengharapkan pada generasi muda untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila pada kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. AdvHumHST