Banjarmasin— Menjelang bulan suci Ramadan yang tinggal menghitung hari, pedagang petasan dadakan mulai bermunculan di beberapa kawasan di Banjarmasin. Bahkan hingga pada ruas jalan.
Tradisi menyalakan petasan di bulan puasa itu seperti tidak dapat terpisahkan. Namun tidak sedikit pula masyarakat terutama umat Muslim yang sedang melaksanakan ibadah menjadi terganggu dengan suara letupannya.
Untuk mengantisipasi maraknya peredaran kembang api tersebut, Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin telah merencanakan razia petasan di sejumlah tempat. “Kami sudah merencanakan razia petasan, tinggal menunggu waktunya saja,” ujar Kasat Sabhara Polresta Banjarmasin Kompol Haryono MT, Selasa (25/6) tadi.
Dikatakannya, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan satuan terkait dalam hal ini Sat Intel Polresta untuk mengetahui ketentuan-ketentuan atau batasan-batasan kembang api yang dapat diperjualbelikan.
“Kami akan melakukan koordinasi dengan Satuan Intel untuk mengetahui ketentuan-ketentuannya terlebih dahulu sebagai persiapan dalam pelaksanaan razia,” tutupnya. (Metro7/Fit)