BARABAI – Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah  H. Harun Nurasid meninjau pelaksanaan tes Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kabupaten HST, Senin (13/10) yang berlangsung di SMKN 1 Barabai.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) HST H. Mahyudin mengatakan, penggunaan sistem CAT Online pada tes CPNS tahun ini pihaknya menyediakan 225 unit computer yang sudah terpasang dengan sistem CAT Online setiap harinya pelaksanaan tes dibagi menjadi lima sesi dan akan dilaksanakn sampai tanggal 23 Oktober yang akan datang.
”Pelaksanaan tes lewat sistem CAT online ini menjaga transparansi hasil yang diraih oleh para peserta karena penilaian langsung dilakukan oleh BKN pusat, dan tentunya kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan oknum yang menjanjikan kelulusan menjadi PNS ,” katanya.
Bupati Harun saat meninjau pelaksanaan ujian CPNS daerah ini mengharapkan kepada panitia untuk betul-betul mengawasi pelaksanaan ujian kali ini, apalagi menurutnya SDM yang betul betul berkualitas lah yang diperlukan daerah saat ini.
“Tentunya kerjasama yang dibangun dengan perwakilan Badan Kepegawaian Nasional dan Inspektorat dari pusat diharapkan dapat memperlancar pelasanaan ujian kali ini, dn bagi para peserta saya mengharapkan agar dapat menjawab soal denga hati-hati dan penuh ketelitian sehingga hasil yang terbaik dapat dicapai,” ujarnya.
Materi tes yang diujikan pada tes CPNS 2014 ini adalah Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes Kemampuan Dasar, dan nantinya kelulusan akan ditentukan melalui passing grade yang sudah di tentukan oleh BKN pusat.
Seorang peserta tes, Reza, merasa sangat terbantu dengan simulasi sistem CAT online yang diadakan oleh BKD HST pada hari Minggu 12 Oktober 2014 yang lalu. Ia mengaku masih awam dengan sistem tes CPNS tahun ini dan simulasi tersebut membantunya dalam pengenalan sistem CAT Online. (AdvHumHST)