Mobil Internet

Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Hulu Sungai Tengah (HST) mengakui, pengoperasian Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (MPLIK) bantuan pemerintah pusat Kementerian komunikasi dan Informasi (Kominfo), secara maksimal belum bisa mencapai pelosok pedalaman. Hali ini disebabkan kondisi jalan yang kurang memadai dan juga menimbang segi keamanan peralatan komputer yang ada dalam mobil.
“Masalahnya, saat ini jalan menuju daerah pedalaman masih banyak yang rusak dan berlobang. Kalau kami paksakan, takutnya peralatan malah rusak. Barang elektronik kan cukup peka terhadap goncangan,” kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Dishubkominfo, Abdul Hay.
Meski demikian, jelasnya, tujuh unit mobil bantuan tersebut tidak dibiarkan menganggur. Karena lima hari dalam seminggu terus dioeperasikan secara bergiliran ke 11 kecamatan.
“Memang saat ini kita baru operasikan ke ibukota kecamatan,” jelasnya.
Satu kali kunjungan maksimal empat jam, dengan tempat yang didatangi sekolah-sekolah SD dan SMP.
“Kadang kalau bertepatan dengan hari pasar, kita juga datangi tempat keramaian seperti pasar,” imbuh Abdul Hay
Dari tujuh unit mobil, yang dioprasikan untuk melayani masyarakat, hanya lima unit. Mobil lainnya, satu unit dipinjampakaikan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam rangka sosialisasi e-KTP. Satunya lagi, dipinjam Dinas Pendidikan untuk sosialisasi Dana BOS ke sekolah-sekolah yang ada di HST. advhst