Tanjung — Pemerintah Kabupaten Tabalong melalui Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekobang) menyelenggarakan kegiatan forum pemantapan pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah secara elektronik (E-Procurement) di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung, Kamis (20/6) tadi.
Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Administrasi H Suryanadie SSos MSi tersebut diikuti perwakilan seluruh SKPD dan para kontraktor penyedia barang dan jasa dengan menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya dari IKPP Jakarta dan dari perwakilan PT Telkom Banjarmasin.
Bupati Tabalong Drs H.Rachman Ramsyi MSi dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Suryanadie menyambut baik pelaksanaan forum pemantapan pelaksaan pengadaan barang / jasa pemerintah secara elektronik. Hal ini diarahkan pada pencapaian Good Governance yang dicanangkan pemerintah secara nasional dan ditindaklanjuti oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia.
Kegiatan ini menurut bupati juga erat kaitannya dengan upaya kita bersama untuk melaksanakan Instruksi Presiden Nomor 1 tahun 2013 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi. Dimana pada dictum kedua disebutkan bahwa aksi pencegahan dan pemberantasan korupsi tahun 2013 disusun dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan prioritas pembangunan yang tertuang dalam pembangunan jangka menengah nasional 2013-2014.
Rencana pembangunan jangka menengah masing-masing pemerintah daerah tahun 2013 yang dalam pelaksanaannya masih banyak menimbulkan penyimpangan yang berujung pada tindak pidana korupsi sebagai mana diketahui bersama E-Procurement menjadi salah satu implementasi dari tahapan proses eksistensi perkantoran elektronik melalui proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang pelaksanaannya dilakukan secara elektronik yang berbasis internet dengan memanfaatkan fasilitas teknologi komunikasi dan informasi yang meliputi pelelangan umum secara elektronik (LPSE) sehingga dengan proses pengadaan barang/jasa pemerintah yang sangat terbuka dan transparan, karena dapat diakses oleh setiap orang.
Bupati berharap dengan kegiatan ini dapat bermanfaat, bagi semua pihak yang terlibat dalam bidang tugas ini dan semakin mantapnya pelaksanaan e-procurement di Kabupaten Tabalong masa yang akan datang. (Metro7/Via)