BARABAI – Kinerja  Bupati Hulu Sungai Tengah Dr Ir H Harun Nurasid MM MT dalam memimpin Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST)  kembali mendapat pengakuan dan berbuah penghargaan. Kali ini, apresiasi itu diberikan atas komitmen dan kinerja dalam pelaksanaan pemilihan penyedia barang/jasa secara elektronik dan pemenuhan pembuatan dan pengumuman Rencana Umum Pengadaan (RUP) Barang/Jasa.
Penghargaan National Procurement Award 2014 kepada Pemkab HST diserahkan oleh  Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago didampingi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat Agus Raharjo yang mewakili Presiden Republik Indonesia di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (18/11) siang.
Penyerahan ini dilaksanakan pada acara pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas)  Pengadaan 2014 yang dilaksanakan oleh LKPP. Pemkab HST meraih penghargaan tersebut untuk kategori Komitmen Pencapaian INPRES Nomor  2 Tahun 2014 pada Aksi Pelaksanaan Transparan dan Akuntabilitas dalam Mekanisme Pengadaan Barang dan Jasa.
Bupati HST H Harun Nurasid mengatakan bangga atas  penghargaan yan telah diraih oleh Pemkab HST tersebut.“Apresiasi  pemerintah pusat ini  menjadi motivasi dan pendorong semangat sekaligus menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan dan perbaikan sistem pengadaan barang dan jasa,” ujaranya seraya mengucapkan rasa terima kasih atas kerja keras dan kerjasama seluruh SKPD dan steak holder terkait, wabil khusus jajaran LPSE dan  ULP dengan seluruh anggota pokjanya.
Kepala LKPP Agus Raharjo mengatakan, Rakernas Pengadaan 2014 memiliki tujuan untuk menyamakan visi dalam rangka mewujudkan Pengadaan Nasional yang Kredibel Menuju Indonesia Hebat, dengan lebih menguatkan peran kelembagaan ULP. Dan, meningkatkan jumlah transaksi lelang secara elektronik, membuka persaingan sehat antar para pelaku usaha, meningkatkan kredibilitas pengadaan barang/jasa pemerintah di mata masyarakat. Terpenting memaksimalkan peran pengawasan proses pengadaan melalui APIP.
Lebih lanjut Ia mengatakan, setiap tahunnya LKPP selalu menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dengan jumlah peserta yang terus bertambah, seiring dengan pesatnya pertambahan jumlah Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dan Unit Layanan Pengadaan  (ULP).
Tahun ini, kegiatan Rapat Koordinas Nasional (Rakornas) melibatkan stakeholder pengadaan yang lebih luas dengan melibatkan ULP,  Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), dan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan berubah nama menjadi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengadaan.
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengadaan 2014 mengusungkan tema “Mantapkan Pengadaan Nasional yang Kredibel Menuju Indonesia Hebat”. Acara ini  diikuti oleh peserta yang terdiri dari Kepala Daerah, perwakilan LPSE, ULP, APIP, dan IAPI dari seluruh Indonesia. (AdvHumHST)