PARINGIN, metro7.co.id – Guna memajukan pembangunan daerah untuk kedepannya, Pemerintah Kabupaten Balangan bersama PT Adaro Indonesia berkomitmen gebrakan inovasi dan Kolaborasi untuk memicu detonator Program Pembangunan kedepan, Aula Mayang Maurai, Rabu (22/05/2024).

Priyadi selaku Presiden Direktur PT Adaro Indonesia akan memaksimalkan dan mendukung pemerintah daerah untuk memajukan daerah dengan pembangunan di Bumi Sanggam.

“Hal ini berawal dari rasa tanggung jawab bersama, tentunya pemerintah Kabupaten Balangan tidak jalan sendiri dalam membangun daerah, untuk itu kita bersama-sama menciptakan Balangan sebagai rool mode program inovasi, kolaborasi dalam berbagai pembangunan,” jelas Priyadi.

Menurut Priyadi bahwa Adaro merupakan suplemen bagi pemerintah daerah, dan Adaro harus memberikan bukti nyata dalam mendukung program serta inovasi dalam berbagai sektor.

“Tindakan nyata harus dijalankan dengan sungguh-sungguh, tentunya adaro memiliki ahli-ahli berpengalaman di bidang CSR, dengan inovasi yang brilian bisa melahirkan out pout yang luar biasa, sehingga program dari pemerintah daerah kita selaraskan dengan program CSR yang sesuai dengan visi-misi dari bapak bupati,” ucapnya.

Menanggapi hal ini, Bupati Balangan Abdul Hadi mengungkapkan bahwa, PT Adaro Indonesia telah banyak memberikan kontribusi bagi daerah ini, peran dari Adaro telah membawa pengaruh bagi pembangunan dan kemajuan daerah.

“Gebrakan inovasi dan kolaborasi sebenarnya sudah banyak kita lakukan, seperti upaya pemerintah daerah dalam menurunkan angka stunting, program Sanggam Bakabun dan Sanggam Babungas, dan hari ini kita melakukan komitmen bersama melangkahkan kaki untuk pembangunan ke depan,” ungkap.

Bupati Abdul Hadi juga menyampaikan, sebelum dia menjabat sebagai kepala daerah, angka stunting di Balangan memiliki angka tertinggi dalam peringkat nasional ke-162 dari 514 kabupaten/kota.

“Setelah saya pelajari, tahun 2022 angka stunting di Kabupaten Balangan masuk pada peringkat 45 nasional, 2023 naik lagi peringkat 20 nasional dan target kami tahun 2024 masuk dalam peringkat 10 besar tingkat nasional,” katanya.

Kegiatan gebrakan inovasi dan kolaborasi ini dihadiri oleh jajaran pemerintah daerah, Forkopimda, Forkopimkab, kepala desa, jajaran PT Adaro Indonesia serta pihak terkait lainnya dalam langkah komitmen bersama menuju kolaborasi kuat, inovasi hebat, sanggam baharat, Balangan meningkat untuk mengejar ketertinggalan pembangunan di Banua Enam. ***