BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tahun 2024, di Pendopo HST, Kamis (11/7).

Turut berhadir, Wakil Bupati HST, H Mansyah Sabri. Mewakili Bupati HST, H Aulia Oktafiandi, ia menegaskan pentingnya peran keluarga dalam membangun generasi penerus bangsa yang berkualitas.

“Keluarga adalah fondasi awal pembangunan karakter bangsa. Generasi penerus akan lahir dari keluarga-keluarga kecil di setiap daerah di Indonesia,” katanya membacakan sambutan Bupati HST.

Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan, ujarnya, seperti pendidikan karakter, kesehatan keluarga, kemandirian ekonomi keluarga dan peran orang tua sebagai teladan bagi anak-anak mereka.

“Selain itu, Pemerintah juga menyiapkan berbagai intervensi untuk memastikan kualitas kesehatan dan gizi ibu dan bayi sejak masa prenatal hingga 1000 hari pertama kehidupan,” ujarnya.

Ia berharap, peringatan Harganas ini tidak hanya menjadi seremonial belaka, tapi juga dapat menginspirasi masyarakat untuk terus berupaya membangun keluarga yang kuat dan sejahtera. “Dengan keluarga yang kuat, kita akan memiliki bangsa yang kuat pula,” ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial PPKBPP HST, Syahbidin menyampaikan, peringatan Harganas menjadi pengingat pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara.

Menurutnya, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang memiliki peran vital dalam pembangunan karakter bangsa.

“Al Quran Surah At-Tahrim ayat 6 mengingatkan kita semua untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka. Ini menjadi dasar penting dalam membangun keluarga yang berkualitas dan berakhlak,” jelasnya.

Ia juga menuturkan, kebanggaannya bahwa HST telah menerima penghargaan sebagai kabupaten dengan penurunan stunting tertinggi di Indonesia, dari 31,1 persen menjadi 13 persen. “Pencapaian yang patut diapresiasi,” tutupnya.

Saat kegiatan, dihadiri berbagai elemen masyarakat, termasuk para penyuluh KB yang sudah pensiun, sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi mereka.