BARABAI, metro7.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar upacara yang khidmat, di halaman kantor Bupati HST, Selasa (1/10).

Upacara yang berlangsung dengan penuh makna ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) HST, Muhammad Yani.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila merupakan agenda tahunan yang penting bagi masyarakat Indonesia, termasuk di Bumi Murakata.

Sekda HST, Muhammad Yani mengatakan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa dalam melawan ancaman ideologi yang ingin menggantikan Pancasila sebagai dasar negara.

“Di tengah tantangan global yang semakin kompleks, nilai-nilai Pancasila terus menjadi fondasi kokoh bagi kehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya.

Menurutnya, peringatan ini juga menjadi pengingat bahwa ideologi Pancasila telah teruji dan terbukti mampu menyatukan bangsa Indonesia yang beragam dalam hal suku, agama dan budaya.

“Kesempatan ini, saya menekankan bahwa seluruh masyarakat harus terus bersatu padu dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan dan keutuhan negara, terutama di tengah perkembangan teknologi informasi yang pesat” ujarnya.

Di momentum upacara ini juga dihadiri oleh para ASN di HST, sekaligus para pelajar dengan harapan dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air sejak dini.

“Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober tidak hanya sebagai pengingat atas tragedi sejarah yang pernah dialami bangsa, tetapi juga sebagai momentum untuk memperkuat komitmen terhadap Pancasila di masa depan, khususnya kita di HST,” tutupnya.