BARABAI, metro7.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Tengah (HST) terus berupaya melakukan pemerataan pembangunan, baik di desa, kota, hingga ke daerah terujung.

Salah satu upaya tersebut, yakni dengan program bedah rumah yang didistribusikan secara merata.

Bahkan, daerah terujung HST pun turut mendapatkannya. Ini merupakan upaya pemerintah daerah dalam menangani Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dr Sa’dianoor melalui Kepala Bidang (Kabid) Perkim, Nydia Damayanti mengagakan, untuk salah satu realisasi di daerah terujung, tepatnya di Dusun Awang Landas, Desa Sungai Buluh, Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU).

Menurutnya, meski pemukimannya berada di atas perairan rawa tahun ini sebanyak dua unit rumah telah direalisasi bedah rumahnya. Progresnya pun telah rampung dan tampak berdiri kokoh.

“Alhamdulillah, tahun ini rumah milik Pak Mail (64) dan Pak Alui (74) di Dusun Awang Landas bisa direalisasi. Kedunya hanya berprofesi sebagai nelayan dan memang secara kriteria bisa masuk dalam program ini,” jelasnya, Kamis (24/10).

Pihaknya mengakui, penuh perjuangan dan ada berbagai tantangan untuk merealisasikan di salah satu daerah terujung HST itu. Utamanya, jarak tempuh yang cukup jauh, ditambah harus menggunakan transportasi air.

“Karena wilayah perairan rawa, jadi tidak ada akses darat. Mobilisasi bahan bangunan juga cukup sulit, begitu juga saat melakukan monitoring,” lanjutnya.

Kemudian, tantangan lainnya juga terkait komunikasi karena penerima bantuan tidak memiliki HP.

Lalu, karena di daerah rawa bangunan juga berbentuk panggung struktur kayu yang mengakibatkan banyak memerlukan bahan kayu ulin pada struktur bawah atau pondasinya.

Kendati demikian, pihaknya bersyukur bisa merampungkan ini dengan berkolaborasi pihak Pemerintah Desa Sungai Buluh bersama berbagai pihak lainnya.

“Secara keseluruhan, bedah rumah tahun 2024 ini sebanyak 335 unit dengan rincian 265 unit di luar kawasan kumuh dan 70 unit berada di kawasan kumuh. Ini tersebar pada semua kecamatan di HST,” tutupnya.