BATULICIN, metro7.co.id — Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) menggelar sosialisasi kekerasan terhadap perempuan dan anak, di pendopo serambi madinah, Selasa (7/5/2024).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM M. Futu Wisnu Wardana.

Kepala Dinas P3AP2KB Tanah Bumbu Erli Yuli Susanti dalam laporannya mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat terhadap kekerasan perempuan dan anak serta cara pencegahannya.

Dan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya perlindungan perempuan dan anak, dengan sasaran ibu-ibu perempuan, anak-anak remaja, tokoh masyarakat, pendidik dan tenaga pendidikan, aparat penegak hukum, dan lembaga swadaya masyarakat.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli M. Futu Wisnu Wardana mengatakan berdasarkan data DP3AP2KB (UPTD PPA) Kabupaten Tanah Bumbu, dari awal tahun 2024 bulan januari hingga april tercatat 14 orang perempuan dan anak yang mengalami kekerasan, baik itu kekerasan dalam rumah tangga dan yang terbanyak adalah kekerasan seksual.

Serta masih adanya kasus kekerasan terhadap anak dan perempuan yang tidak terlapor. Sebagai pelayan publik pihaknya harus menyediakan kanal pengaduan yang mudah diakses guna mempercepat penanganan kasus kekerasan.

Ia berharap semua pihak dapat berkomitmen untuk memperkuat jejaring koordinasi antar stakeholder dalam proses pencegahan dan penanganan kasus kekerasan pada perempuan dan anak.

Turut hadir dari fakultas hukum Universitas Lambung Mangkurat Lena Hanifah selaku Narasumber, Ketua GOW Suci Anisa Rusli, camat, kepala desa dan lurah se Tanah Bumbu, kader TP PKK kecamatan se Tanah Bumbu, kepala sekolah, kejaksaan, pengadilan agama, organisasi wanita, DWP, Gatriwara, Puskesmas, lembaga hukum, forum anak daerah, kepala unit perlindungan anak Polres Tanah Bumbu, organisasi keagamaan dan tamu undangan lainnya. *