Paringin — Ada tiga kendala yang menghalangi masyarakat untuk mencapai kesejahteraan. Yaitu rendahnya tingkat pendidikan, rendahnya derajat kesehatan dan terbatasnya lapangan kerja. 
Atas dasar itu Pemerintah Kabupaten Balangan menggratiskan biaya pendidikan di daerah ini. Mulai dari tingkat SD sampai SLTA. “Sekolah ditempat kita sudah gratis. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan. Sekolahkan anaknya minimal lulus SLTA,” kata Bupati Balangan Ir H Sefek Effendie ME dalam suatu kesempatan.
Bukan hanya itu, Pemerintah Kabupaten Balangan juga mengalokasikan dana untuk memberikan bimbingan belajar gratis kepada para siswa yang akan mengikuti ujian nasional.
Begitu juga dengan kesehatan, Pemerintah Kabupaten Balangan sudah meluncurkan program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) untuk seluruh masyarakat. Dengan memiliki kartu ini masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. ”Bagi masyarakat yang belum memiliki Kartu Jamkesda, segera mendaftarkan dirinya,” tambah Seffek.
Sekolah dan layanan kesehatan gratis ini merupakan salah satu bagian dari program Gerakan Pembangunan dan Pengentasan Kemiskinan (Gerbangmastaskin) yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Balangan. Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan kemandirian dan mengentaskan kemiskinan.
Gerbangmastaskin dilaksanakan melalui tiga pendekatan yang disebut tridaya. Yakni pemberdayaan  usaha, pemberdayaan manusia dan pemberdayaan lingkungan. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk membebaskan masyarakat dari kemiskinan secara tuntas melalui jalur pendidikan dan kesehatan.
Bupati Balangan Ir H Seffek Effendie ME mengatakan saat ini pendidikan di Balangan sudah gratis mulai SD sampai SLTA. Ditambah lagi adanya diberikan bimbingan belajar gatis bagi siswa yang akan mengikuti ujian akhir nasional. (Metro/Sri)