Tanjung — Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong melakukan pelatihan bagi pengelola depot air minum isi ulang (DAMIU) yang marak berdiri di Bumi Saraba Kawa dalam beberapa tahun terakhir. Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Pembangunan Tanjung, Selasa (14/5) tadi, diikuti oleh Kepala UPT Puskesmas, sanitarian dan para pengusaha depot air minum isi ulang.
Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang P2PL, Abdul Khair, sekaligus sebagai narasumber dengan materi kebijakan program penyehatan lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong.
Narasumber lain adalah BBTKLPP Banjarbaru yang menyampaikan materi tata cara pengelolaan DAMIU. Kemudian KPT Kabupaten Tabalong dengan materinya tata cara perizinan DAMIU dan Satpol PP dengan materi penegakan hukum usaha depot air minum.
Pelatihan ini dimaksudkan sebagai pedoman dan acuan bagi Dinas Kesehatan dalam melakukan pembinaan dan pengawasan depot air minum. Sedangkan tujuan umumnya adalah untuk melindungi masyarakat dari pengaruh buruk air minum isi ulang yang tidak hygienis.
Pembinaan dan pengawasan terhadap DAMIU yang baik dapat mempercepat pencapaian visi Kementerian Kesehatan sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi nasional serta membuka lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat. (Metro7/Via)