Lembaga Swadaya Mayarakat (LSM) Aliansi Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta melalui Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Propinsi Kalimantan Selatan akan memperlebar sayapnya mendirikan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) di Tabalong.
Menurut Wakil Ketua II DPD LSM Aliansi Indonesia Kalimantan Selatan Memberani, yang lebih akrab disapa bang Aban ini kepada Metro7, pihaknya akan segera melaksanakan pelantikan pengurus DPC LSM Aliansi Indonesia Kabupaten Tabalong dimana komposisi kepengurusan cabang minimal 8 orang pengurus ditambah sejumlah penasehat.
Ia menjelaskan, LSM Aliansi Indonesia didirikan di Jakarta dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat H Djoni Lubis.
Keberadaan LSM Aliansi Indonesia ditambahkan Memberani sebagaimana visi dan misi yang tertuang dalam AD/ART, yaitu 1. Menjadikan LSM Aliansi Indonesia sebagai organisasi teladan di Indonesia dalam membangun hubungan kerjasama dengan seluruh institusi negara sebagai perwujudan rasa cinta terhadap tanah air Bangsa dan Negara. 2. Tercapainya tujuan kemerdekaan Indonesia sebagai sebagai sebuah negara yang berdaulat sebagaimana diamanatkan oleh Alinea ke4 Pembukaan UUD 1945.
Sedangkan Misinya adalah: 1. Mendukung sepenuhnya seluruh program kerja dan pelaksanaan penyelenggaraan Negara oleh pemerintah dalam upaya menegakkan keadilan dan kebenaran berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
2. Mengajak semua elemen bangsa untuk bersama-sama melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap kinerja aparatur pemerintah dalam rangka mempertahankan citra serta kehormatan Bangsa dan Negara.
3. Menjalin hubungan kerjasama dengan masyarakat internasional sebagai upaya bersama membangun tata dunia baru yang damai dan harmonis dengan mengedapankan sikap saling menghargai serta saling menghormati kedaulatan masing-masing Negara.
Motto perjuangan LSM Aliansi Indonesia adalah: Menyelamatkan aset negara dan menegakkan keadilan dan kebenaran dan c.menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.
LSM Aliansi Indonesia nantinya senantiasa siap membantu mendampingi masyarakat dalam penegakan keadilan dan kebenaran. Menurut Memberani, selama ini sudah cukup banyak hal yang dilakukan LSM Aliansi Indonesia mendampingi perjuangan masyarakat guna memperoleh keadilan.
Baru-baru tadi LSM Aliansi Indonesia dan LSM Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) DPD Kalsel telah mendampingi delapan pemilik ruko di pasar Ujung Murung Banjarmasin yang akan dilakukan pembongkaran oleh Pemkot Banjarmasin. Akhirnya eksekusi itu bisa ditunda setelah melakukan negosiasi dan kesepakatan bersama dengan pemilik ruko. Metro7/Via