TANJUNG – Dengan mengusung tema “Mantapkan pembentukan karakter kaum muda melalui gugus depan terakreditasi” Pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tabalong memperingati hari Pramuka ke – 53 tahun 2014 dengan kegiatan upacara di halaman Komplek Pendopo Bersinar Pembataan Tanjung.
Pada Senin (01/9) bertindak sebagai pimpinan upacara selaku Pembina Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani, dalam upacara itu turut hadir para Pembina, yang terdiri dari Ketua DPRD, Unsur FKPD, Sekda, para Kepala SKPD, para pengurus Kwarcab, Kwarcam, Kamabiran, dan gugus depan pramuka dan karang taruna.
Ketua Kwartir Nasional gerakan pramuka DR.H.Adiyaksa Daud dalam sambutan tertulisnya pada peringatan hari Pramuka ke-53 tahun 2014 yang dibacakan Bupati Tabalong mengucapkan selamat hari Pramuka, kepada segenap keluarga besar gerakan pramuka dimanapun berada.
“Semoga peringatan hari Pramuka kali ini dapat mendorong perkembangan dan kemandirian gerakan pramuka untuk mempercepat keberhasilan dalam upaya pembentukan karakter kaum muda sebagai calon pemimpin bangsa yang lebih handal dan lebih baikpada masa yang akan datang,” kata Anang.
Era globalisasi dewasa ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi akan tetapi manusia tetap faktor penentu utama. “Untuk itulah kita ingin membangun manusia yang berkarakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat, bukan hanya membanggakan manusia atau pemuda yang cerdas dan menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi juga yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya menjunjung kesatuan dan persatuan Indonesia, karena pemuda demikianlah yang akan sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri kita ini, serta sanggup menghadapi berbagai persoalan di negeri ini dengan menatap masa depan yang lebih baik,” katanya lagi.
Oleh karena itu gerakan pramuka masih dan tetap relevan dengan perkembangan zaman, kapitalisasi gerakan pramuka telah berjalan 8 tahun yang tujuan utamanya adalah untuk memantapkan eksistensi gerakan pramuka dan untuk meningkatkan fungsi gerakan pramuka dalam pembinaan generasi muda.
Usai upacara peringatan hari Pramuka ke-53 itu Bupati Tabalong H.Anang Syakhfiani melakukan pelepasan terhadap kontingen Karang Taruna dari 4 kecamatan yang mewakili Tabalong mengikuti kegiatan Kemah Karya Bhakti Karang Taruna Tingkat Propinsi di kabupaten Tanah Laut, dan melantik secara simbolis pengurus Kwartir Cabang Pramuka kabupaten Tabalong periode 2014-2019. (metro7/via).