Tanjung — Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya, PT Pertamina UBEP Tanjung menyumbang peralatan mesin jahit dan obras untuk ibu Rumah Tangga yang tergabung dalam BKM Al-Ikhlas Desa Sulingan, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.
Bantuan ini diberikan sebagai tindak lanjut dari pelatihan keterampilan menjahit yang sebelumnya telah diberikan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tabalong selama satu bulan.
Terdapat 15 orang ibu-ibu rumah tangga yang yang tergabung dalam Kelompok Menjahit BKM Al Ikhlas Sulingan. Sayangnya kelompok penjahit ini setelah mendapatkan pelatihan tidak memiliki modal yang cukup untuk membeli mesin jahit sendiri.
“Terus terang, kami tidak punya pekerjaan. Untuk itu, kami mengikuti keterampilan menjahit dan berharap semoga dengan keahlian ini kami bisa memperoleh pendapatan tambahan untuk menopang perekonomian keluarga,” terang Yanti selaku Ketua Kelompok Menjahit saat menerima bantuan dari PT Pertamina UBEP Tanjung, Senin (11/2) tadi.
Penyerahan bantuan yang diberikan PT Pertamina UBEP Tanjung ini berupa 5 unit mesin jahit dan 2 unit mesin obras. Secara simbolis, penyerahan bantuan ini dilaksanakan di rumah Ketua RT 03 Desa Sulingan dengan disaksikan kepala desa setempat. Rumah ini selanjutnya akan menjadi pusat kegiatan jahit-menjahit para ibu.
“Mudahan ‘kail’ yang Pertamina berikan ini mampu ‘menjaring ikan’ dan bermanfaat dalam meningkatkan perekonimian keluarga,” terang Irzal Dahlan selaku Pjs. Asisten Manajer Layanan Operasi usai menyerahkan bantuan secara simbolis.
Untuk memaksimalkan bantuan, kedepannya Pertamina UBEP Tanjung akan senantiasa melakukan pembinaan sehingga ketrampilan Ibu-Ibu semakin meningkat dan tercipta kemandirian ekonomi keluarga. (Metro7/Humas)