Paringin — Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Balangan, Wibowo, tahun ini menargetkan 100 buah koperasi di Bumi Sanggam. Menurutnya, target itu tergolong rendah karena pertumbuhannya hanya sekitar tujuh buah pertahun.
“Mengacu pada jumlah koperasi yang ada saat ini untuk mencapai target itu hanya diperlukan pertumbuhan rata-rata tujuh buah koperasi pertahun hingga 2014,” katanya, baru-baru tadi.
Diungkapkannya, pada tahun 2010 lalu jumlah koperasi di Kabupaten Balangan tercatat 82 buah. Sementara saat ini bertambah menjadi 89 buah.
Setiap tahun terdapat puluhan pengajuan permohonan pembentukan koperasi baru oleh masyarakat. “Tapi kita memang selektif dalam memberikan izin pembentukan koperasi baru karena yang penting adalah kualitasnya bukan kuantitas,” ujarnya.
Pemberian izin pembentukan koperasi baru diberikan melalui mekanisme evaluasi yang ketat. Sehingga hanya yang betul-betul memenuhi syarat yang akan lolos. Sistem evaluasi dan verifikasi yang dilakukan bertujuan agar koperasi baru yang didirikan oleh masyarakat betul-betul berguna sesuai tugas dan fungsinya.
“Banyaknya koperasi tidak menjamin perkembangannya akan bagus. Karena itu yang paling penting adalah bagaimana upaya kita menumbuhkembangkan koperasi yang sudah ada,” tambahnya.
 Dalam upaya menumbuhkembangkan perkoperasian, Pemerintah Kabupaten Balangan melakukan langkah-langkah pembinaan melalui kegiatan lokakarya, pelatihan dan pendampingan. Selain itu, dilakukan juga monitoring kepada koperasi-koperasi yang telah ada serta pemberian bantuan penyertaan modal. (Metro7/Sri)