Barabai — Menjadi pemimpin dalam segala keterbatasan seperti saat ini, tidak seindah dan semudah yang dibayangkan. Demikian diungkapkan Ketua Dewan Penyantun TP-PKK Kabupaten HST H Harun Nurasid. Menurutnya, dengan suasana yang seperti itu, tidak ada pilihan lain bagi dirinya harus mampu mengatasi konflik, bernegosiasi dan akomodatif dalam berpolitik.
Namun, bagi seorang Bupati HST seperti Harun, kepercayaan yang telah diberikan kepadanya merupakan pintu masuk ke ladang pengabdian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Diakuinya, kehadiran PKK sangat berperan dalam membantu niatnya untuk mensejahterakan masyarakat HST.
“PKK bukan hanya sebagai mitra, lebih dari itu merupakan pioner pembangunan yang memberikan sumbangsih terhadap kemajuan bangsa,” ungkapnya.
Diterangkan orang nomor satu di Bumi Murakata, di saat sebagian masyarakat terjangkit apatisme, PKK mampu tampil menjadi pekerja sosial yang bahu membahu bersama pemkab membangun masyarakat. Menurutnya, sebenarnya 10 program PKK sejatinya merupakan tugas dan tanggung jawab pemerintah. Dengan dimplementasikannya 10 program tersebut oleh PKK, ujar Harun, tugas pemerintah jadi sangat terbantu.
“Peran PKK yang dimotori ibu-ibu sangat strategis dan tidak tergantikan. Di saat kaum lelaki sibuk mencari nafkah, ibu-ibu PKK dengan semangat memberikan penyuluhan dan contoh bagaimana budaya hidup bersih dan sehat, bagaimana membina remaja dan pasangan usia subur,” ujarnya.
Demikian pula, lanjut suami Ketua TP-PKK HST Hj Tintainah ini, kader PKK telah memberikan pelatihan keterampilan bagi para wanita sehingga mereka bisa hidup mandiri tanpa harus tergantung kepada suami. Begitu juga peran PKK pada pendidikan PAUD, keaksaraan fungsional hingga koperasi simpan pinjam yang kesemuanya turut menggerakkan perekonomian desa.
“Kita juga bangga dengan keberhasilan program PNPM Mandiri Pedesaaan bidang simpan pinjam. Di Kecamatan Pandawan, kegiatan ini dimotori kader-kader PKK yang hingga saat ini memiliki asset ratusan juta rupiah. Keuntungan mereka sebagian disumbangkan untuk kegiatan social, diantaranya seperti sunatan gratis,” papar Harun.
Bagi Harun, semua program PKK yang telah berjalan selama ini di Kabupaten HST, sangat mengena dan tepat sasaran guna mencapai masyarakat yang sejahtera. Termasuk yang dibanggakannya adalah kegiatan Posyandu baik balita maupun lansia yang sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.
“Sebagai apresiasi terhadap semua peran dan fungsi PKK itu, tahun lalu telah dibuat program pemberian dana hibah bagi TP-PKK Kabupaten dengan tujuan agar kinerja dan fungsi PKK dapat meningkat guna mendorong kemajuan pemberdayaan kesejahteraan keluarga. Kedepannya, Pemkab juga tengan mewacanakan peraturan daerah untuk memperkuat fungsi dan peran PKK tersebut,” pungkasnya. advhst