BARABAI – Untuk cegah peningkatan aktivitas kabut asap di kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Polres HST menggelar Apel Siaga “Asap” yang di laksanakan di halaman Mapolres HST ,  Senin (14/9)
Apel tersebut diikuti oleh personel gabungan dari Polres HST, Kodim, 1002/ barabai, Batalyon Inf 621 Manuntung, Dishubkominfo HST, Satpol PP HST, Badan  Penanggulangan Bencana HST dan gabungan Barisan Pemadam Kebakaran se HST.
Dalam amanatnya Kapolres HST AKBP Syahril Saharda mengungkapkan saat ini Kalimantan Selatan berada pada 10 besar wilayah yang termasuk dalam status waspada terhadap bahaya asap akibat kebakaran hutan dan lahan.
“Perlu adanya sinergitas yang aktif dari berbagai pihak, seperti instansi pemerintah, pihak TNI/Polri dan masyarakat untuk mencegah terjadinya kebakaran Hutan dan Lahan di kabupaten HST,” tuturnya.
Hal senada juga disampaikan Penjabat Bupati HST Ngadimun yang turut berhadir pada apel tersebut, ia mengharapkan kepada seluruh pihak untuk terus melakukan pengendalian kebakaran hutan dan lahan secara  terencana,rapi dan terorganisir dengan baik.
 “Kami menghimbau kepada masyarakat untuk terus waspada dimusim kemarau ini, hal ini tentunya dilakukan untuk mengurangi bahkan mencegah pembakaran hutan dan lahan sehingga bahaya kabut asap dapat diminimalisir,” ujarnya. AdvHumHST