Paringin — Selain melakukan program pendataan angka kemiskinan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Balangan juga akan melaksanakan program bantuan prasarana, sarana, otulitasi (PSO) yang rencananya dibangun di Desa Manfari.
Kepala Bappeda Kabupaten Balangan, Akhriani, mengatakan rencana pembangunan perumahan Griya Manfari ini pertama kali diperuntukan untuk kalangan pegawai negeri sipil (PNS). “Apabila tidak memenuhi target yang telah disediakan maka akan ditawarkan kepada masyarakat sekitar yang ingin memiliki rumah sederhana di Komplek Perumahan Griya Manfari,” katanya.
Target pembangunan rumah tersebut sekitar 1000 buah rumah dan untuk tahap pertama akan dibangun sebanyak 150 buah.
Program bantuan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) ini dihargai Rp 85 juta per unit. Pembeli bisa mengangsur selama 15-20 tahun dengan pembayaran sekitar Rp 600 ribu  per bulan untuk rumah tipe 36.
Dijelaskannya, PSO merupakan program Bappeda Kabupaten Balangan untuk mengatasi laju pertambahan jumlah penduduk dan mengurangi angka kemiskinan. Kredit perumahan dengan angsuran ringan ini dimaksudkan untuk membantu PNS dan masyarakat yang tidak memiliki rumah sendiri.
Untuk spesifikasi bangunan terdiri dari pondasi, struktur, dinding, lantai, daun pintu, daun jendela, kusen, rangka atap, penutup atas, air, senitasi dan finishing. (Metro7/Sri)