PT Pamapersada Nusantara (PT Pama) melakukan penyemaian dan pembibitan kelapa salak di lokasi taman bekas kantor lama PT Pama Km 64 desa Warukin Kecamatan Tanta, belum lama tadi.
Humas PT Pamapersada Nusantara Marsan menjelaskan, dari 8000 bibit yang ditanam berhasil tumbuh sebanyak lebih kurang 7000 pohon dan telah dibagikan kepada beberapa anggota kelompok tani di Kabupaten Balangan dengan harapan bisa untuk dikembangkan pembudidayaannya oleh para petani disana.
Kemudian lanjutnya untuk kedepannya nanti perusahaan akan terus meningkatkan bantuan jumlah bibit kepada warga masyarakat sekitar.
“Perusahaan akan terus meningkatkan jumlah pembibitan dimana sekarang sedang dilakukan penyemaian sebanyak 15.000 bibit kelapa salak. Kelapa Salak bibitnya berasal dari Manado Sulawesi yang kalau kita kembangkan nilai ekonominya sangat baik apalagi usia tanam tumbuh 3 tahun sudah bisa dipanen,” ujarnya.
Marsan menambahkan pihak perusahaan PT Pama bermaksud agar masyarakat petani yang berada di sekitar wilayah operasional pertambangan mau membudidayakan tanaman kelapa salak ini, bahkan nanti bibit kelapa salak akan dibagikan kepada penduduk yang berada di jalur lintas perusahaan masing-masing kepala keluarga sebanyak dua pohon untuk ditanam di pekarangan atau di belakang rumahnya.
“Pohon kelapa sawit uniknya tinggi hanya sekitar satu meter dengan buah yang lebat, oleh karena itu pula pada tanggal 31 Agustus lalu pihak satuan kepolisian Brimob Tanjung dalam rangka kegiatan kerja bhakti juga turut menanam 50 pohon bibit kelapa salak yang diberikan PT Pama, dalam kegiatan di lingkungan areal markas brimob itu dilibatkan sebanyak 17 karyawan yang sedang melaksanakan training di Departement OTD PT Pama,” tambah Marsan lagi. Metro7/Via