BANJARMASIN, metro7.co.id – Guna ikut melestarikan seni budaya dan kearifan lokal daerah Kalimantan Selatan, Kodim 1007 Banjarmasin menggelar Komunikasi Sosial ” Seni Tari kreatif ” di halaman Makodim Jalan S. Parman No. 05 Banjarmasin Tengah, Sabtu (29 /8/2020).

Komandan Kodim 1007 Banjarmasin melalui Kasdim Letkol Inf Suhardi Aji. S mengatakan, pembinaan Komunikasi Sosial (Komsos) ini dilaksanakan untuk memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan dengan segenap komponen Bangsa guna terwujudnya saling pengertian dan kebersamaan yang memungkinkan timbulnya keinginan dan peran serta masyarakat dalam berpartisipasi bagi kepentingan pertahanan Negara.

Menurut Kasdim, komsos ini sangat penting dilaksanakan sebagai ajang Silahturami dan untuk memupuk rasa persaudaraan antara Kodim 1007 Banjarmasin dengan sanggar tari yang ada di Kota Banjarmasin.

Komsos Kreatif pergelaran tari kreasi ini juga dimaksudkan untuk memupuk kebanggaan kaum muda Banjarmasin terhadap seni budaya sendiri, agar jangan terpengaruh dengan budaya luar dan hal-hal negatif lainnya.

Lanjut Kasdim, dengan mencintai budaya sendiri jati diri kita akan semakin kuat, karena ini salah satu bentuk dan wujud nyata dalam mencintai tanah air.

”Pihak Kodim akan terus mendukung program pemerintah dalam hal pelestarian budaya , terutama Seni Tari ini,”imbuhnya.

Siti Nursyiah salah satu pembina Sanggar Tari kreasi yang ikut dalam pergelaran mengungkapkan rasa bangganya kepada pihak Kodim 1007 Banjarmasin, karena sudah memberikan ruang kepada seniman muda Banjarmasin agar terus dapat mengeksplorasi diri dalam kreasi seni.

” Kepedulian kodim 1007 Banjarmasin luar biasa, karena sudah memberi kesempatan pada kaum muda Banjarmasin di bidang Seni Tari,” ujar pembina Sanggar Tari Pandamai tersebut.

Ia pun berharap, kegiatan pergelaran Seni Tari seperti ini akan terus dilanjutkan oleh pihak Kodim, agar para sanggar tari yang ada di Kota Banjarmasin terpacu untuk dapat berkreasi dan berinovasi.

Sebelumnya, Kodim 1007 Banjarmasin juga menggelar Komsos Seni kreatif dengan menampilkan pencak silat yang diikuti 30 perguruan silat yang ada di Kota Banjarmasin. *