H.YUHANI S.Ag Spd,M.Si
Tanjung — Kantor Perpustakaan dan Kearsipan (Pusarsip) Kabupaten Tabalong berhasil meraih penghargaan sebagai juara pertama kategori promosi program implementasi perpusuar tahun 2013. Penghargaan diberikan oleh Coca Cola Foundation Indonesia dan Mark Plus Institute Jakarta pada pertengahan Agustus lalu.
Keberhasilan meraih juara kategori promosi program implementasi perpusuar didapat setelah mengikuti training dan pelatihan bekerjasama dengan Coca Cola Foundation yang merupakan salah satu mitra kerja Kantor Pusarsip Kabupaten Tabalong.
Ada 10 program promosi yang dilakukan oleh Kantor Pusarsip Kabupaten Tabalong selama tahun 2013. Yaitu kunjungan siswa SD, SMP, SMA mulai bulan Februari 2013, minggu ceria, penyediaan ruangan untuk ulang tahun, strytelling untuk tingkat TK, pameran perpustakaan hari jadi kabupaten, Lomba Cerita tingkat SD, SMP, SMA, pameran perpustakaan pada Hari Pendidikan, mobil keliling ke SD, SMP, SMA setiap hari Senin dan Kamis, kerjasama dengan Srect Coffee & Tea Community dan fungsi pembinaan yang memberikan silang layanan dalam rangka pembinaan perpustakaan tahanan, perpustakaan desa maupun Pengadilan Agama.
Tidak hanya itu, prestasi dan kemajuan Kantor Pusarsip Kabupaten Tabalong juga berhak mewakili Provinsi Kalimantan Selatan untuk Lomba Perpustakaan tingkat nasional.
Menurut Kepala Kantor Pusarsip Kabupaten Tabalong, H Yuhani SAg SPd MSi, saat tim penilai berada di Tabalong, ia telah mempresentasikan program dan fasilitas yang dimiliki. Yaitu meliputi SDM, program kerja, laporan kegiatan, ruang perpustakaan atau gedung, desain tempat, jarak lokasi dengan sekolah maupun perkantoran, koleksi bacaan area sirkulasi, area membaca, penataan area, penyimpanan foto, kapasitas koleksi, ruang audio visual, tempat penyimpanan titipan barang pengunjung dan sistem pelayanan.
Selain itu kebersihan, keindahan, keamanan, ketertiban, perlengkapan lainnya seperti jumlah koleksi buku bacaan juga mendapat penilaian. (Metro7/Via)