Yunan, Korban ledakan racun tikus

TANJUNG — Bermaksud memberantas hama tikus yang merusak tanaman padinya di sawah, Yunan, seorang petani warga Desa Puain Kiwa RT 02 Baganja Kecamatan Tanjung malah harus mengalami luka robek pada kelima jari kanannya setelah racun tikus yang dipasangnya meledak. Akibat insiden ini, ia harus mendapatkan 14 luka jahitan di sekitar ibu jarinya.
Petaka berawal ketika Yunan Senin (2/4/2012) sore itu  pergi ke sawah untuk membasmi tikus menggunakan racun tikus jenis Tiram berbentuk mercon yang diakuinya diperoleh dari petugas penyuluh pertanian melalui kelompok tani di desanya.
Racun tikus tiram dalam penggunaannya menggunakan pipa ukuran kecil. Dengan yakin ia menyulut racun tikus itu dengan korek api. Namun, sewaktu mau mengarahkannya asap ke lobang sarang tikus, tiba-tiba benda itu terpicu dan pecah dengan disertai bunyi letusan keras melukai kelima jari kanannya. Bahkan wajah korban pun terkena percikan berlumpur akibat pecahnya pipa yang diarahkannya ke tanah yang ada lobang tikusnya itu.
Dengan sempoyongan sambil menahan sakit, Yunan bangkit sambil bergegas mengambil handphone dan mengontak anaknya memberitahukan peristiwa yang dialaminya. Tidak lama kemudian, anaknya datang menjemput Yunan. Akibat kejadian itu, Yunan mengaku sudah 12 hari tidak bisa bekerja.
Pihak Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kabupaten Tabalong melalui Kasi Perlindungan Syamsudin Noor saat dikonfirmasi Kamis (12/4/2012) lalu menduga, insiden yang menimpa Yunan disebabkan kesalahan dalam penggunaannya. Menurut Syamsuddin, racun tiram memang berfungsi untuk mengasap tikus dalam sarangnya, dan asalkan digunakan secara benar, aman-aman saja.
Kami sampai saat ini belum menerima laporan tentang kejadian yang menimpa petani tersebut. Namun begitu, kami ikut prihatin dan dalam waktu segera kami akan menengoknya,” janji Syamsuddin.
Tikus memang merupakan musuh utama para petani dan untuk itu pihak Distanakan Kabupaten Tabalong telah mengambil tindakan sport stop dalam upaya membasmi tikus agar tidak membahayakan kelangsungan panen padi, baik dengan obat-obatan maupun dengan pengasapan memakai mercon berbentuk tiram. Metro7/Tim