BANJARBARU, metro7.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-77 pada tanggal 1 Juli 2023, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar lomba menembak, safari berburu, dan olahraga panahan.

Pembukaan kegiatan berlangsung di lapangan tembak Satbrimob Polda Kalsel di Banjarbaru, Jumat (16/6) pagi. Apel pembukaan dipimpin Kapolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi.

Acara dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Komandan Korem 101/Antasari Brigjen TNI Rudi Puruwito, Kapolres/Kapolresta jajaran Polda Kalsel, serta anggota forkopimda lainnya.

Dalam apel, dilaporkan bahwa lomba menembak sasaran dan reaksi diselanggarakan pada Jumat Minggu di Lapangan Tembak Teratai Satbrimob Kalsel dengan kategori eksklusif, fun game dan reaksi yang diikuti 309 orang.

Lomba Safari Berburu dilaksanakan selama tiga hari, yakni Jumat sampai Minggu tanggal 23 hingga 25 Juni 2023 di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, diikuti 30 peserta dari Perbakin Kalsel.

Sedangkan lomba panahan digelar pada Jumat dan Sabtu tanggal 23 sampai 24 Juni 2023 di Lapangan Tembak Teratai Satbrimob Polda Kalsel di Banjarbaru, diikuti 174 orang dari unsur forkopimda dan TNI-Polri dan jajarannya.

Kapolda Irjen Rian dalam sambutannya mengatakan, melalui momentum ini, selain mengasah kemampuan individu, juga diharapkan mempererat sinergi dan komunikasi semua pihak.

“Para peserta agar tetap menjunjung tinggi sportifitas dan soliditas antara sesama, sehingga lomba berjalan lancar,” jelasnya.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan, selain kegiatan lomba, peringatan Hari Bhayangkara ke-77 ini dimaksimalkan kegiatan kemasyarakatan lain seperti penyaluran bantuan paket kepada masyarakat, pembagian kursi roda, kali palsu dan operasi bibir sumbing, hingga bedah rumah bagi masyarakat kurang mampu.

Acara diakhiri dengan pelepasan peserta safari berburu babi hutan di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, ditandai dengan pengibaran bendera start.

Gubernur Kalsel Sahbirin pun menyampaikan apresiasinya terhadap berbagai lomba yang digelar jajaran Polda Kalsel untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-77 tahun ini.

“Begitu juga dengan kegiatan sosial atau kemasyarakatan yang dilaksanakan, untuk membantu mereka yang kurang mampu. Ini bukti bahwa jajaran Polda Kalsel hadir di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

“Selamat Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023 kepada seluruh jajaran Polda Kalsel yang ada di Banua,” tutupnya.