AMUNTAI – Dalam menghadapi lomba Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Tingkat Nasional Tahun 2015, yang dilaksanakan pada bulan Juni 2015, Kepala sekolah SDN Baruh Tabing, Kecamatan Banjang Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Murjani dan dewan guru dipersibukan dengan berbagai persiapan pembenahan sekolah. Baik sasaran utama dalam penilaian lomba UKS. Yakni sarana dan prasarana penunjang kesehatan seperti ruang WC, tempat pembuangan sampah dan sarana penting lainnya.
Murjani mengatakan menghadapi lomba pihaknya sudah memenuhi  26 item persyaratan yang akan dinilai dari penilaian, dan sudah mendapat nilai plus, karena letak SDN jauh dari jantung kota alias di desa.
“Kami sangat optimis kalau SDN kita bisa memenangkan Lomba UKS ini. Kenapa jadi kita sangat Optimnis. Pertama 26 kriteria kita sudah penuhi, kedua kita sudah ada nilai plus  karena segi letak sekolah kita tidak dikota,” terang Murjani , Kamis (12/3) saat ditemui diruangannya.
”Sekolah kami juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), dan ini sangat berdapak pada petumbuhan  anak, sebelum dilaksankannya PHBS, anak didik kami dulu selalu mendapatkan hasil nilai UN hampir paling akhir untuk di Kecamatan Banjang,” katanya lagi.
Pada tahun 2008 pihaknya menerapkan program  UKS dan PHBS, ternyata anak didiknya tubuh sehat dan cerdas, tidak seperti sebelumnya, dan ini sangat berdampak pada kecerdasan anak. Bahwasanya dengan adanya usaha ini membawa pengaruh yang kuat kepada lingkungan.
Ditanya mengenai kelengkapan kegiatan, dirinya menjawab kelengkapan saat ini sudah cukup memadai, sambungnya lagi ”mudah-mudahan SDN Baruh Tabing bisa menjadi yang terbaik pada lomba UKS tingkat Nasional,”harapnya.(metro7/awir).