BATULICIN, metro7.co.id — Sebanyak 40 orang kader digital dari berbagai desa lokus di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi peserta BIMTEK Desa Cerdas yang dilaksanakan di Hotel Menara Peninsula Jakarta Barat dari tanggal 3 Mei 2024 s/d 12 Mei 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementrian Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Dengan mengikuti kegiatan ini, Kabupaten Tanah Bumbu meraih prestasi gemilang dalam peningkatan kapasitas digital di tingkat desa dengan menjadi lokus terbanyak pada Batch 1 Bimbingan Teknis (BIMTEK) Kader Digital Desa Cerdas.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya atas capaian ini.

“Kami sangat bersyukur atas dukungan Kementrian Desa serta kerja keras dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Tanah Bumbu dalam menjadikan kami sebagai lokus terbanyak dalam BIMTEK Kader Digital Desa Cerdas,” ungkapnya, Selasa (7/5/2024).

Penetapan 40 desa sebagai lokus Desa Cerdas di Kabupaten Tanah Bumbu oleh Kementrian Desa tidak lepas dari upaya kolaboratif antara pemerintah daerah dan pusat. Ini merupakan bukti nyata komitmen bersama untuk memajukan potensi digital di wilayah ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu Samsir, SE, MAP menjelaskan bahwa keberhasilan ini merupakan hasil dari kerja keras bersama.

“Kami terus mendorong inovasi dan pemahaman teknologi di tingkat desa. Melalui BIMTEK ini, dengan bekal yang diterima kami berharap kepada kader-kader digital untuk mengembangkan desa secara berkelanjutan,” katanya.

Dengan prestasi ini, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi sorotan dalam penguatan infrastruktur digital di tingkat desa, tidak hanya ditingkat Provinsi Kalimantan Selatan tetapi juga ditingkat nasional dengan masuk dalam 5 besar desa lokus terbanyak di Indonesia.

Hal ini menunjukkan komitmen kuat untuk terus meningkatkan pemberdayaan dan kualitas hidup masyarakat di wilayah pedesaan.

Dihubungi secara terpisah Koordinator Duta Digital Fase III Kementerian Desa Daerah Tertinggal dan Transmigrasi untuk Kabupaten Tanah Bumbu H. Abdal Khabir, SH melaporkan bahwa rombongan kader digital Desa Kabupaten Tanah Bumbu sampai di Jakarta pada hari ke-4 pelaksanaan BIMTEK Desa Cerdas.

“Semua peserta dapat mengikutinya dengan baik dan lancar. Kami mohon doa Masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu agar Pelaksanaan Bimtek Desa Cerdas bagi Kader Digital Kabupaten Tanah Bumbu dapat berjalan lancar dan kembali pulang ke Tanah Bumbu dengan selamat,” jelasnya.

Peserta BIMTEK berasal dari berbagai desa lokus yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. ***