KOTABARU, metro7.co.id – Ketua DPRD Kabupaten Kotabaru, Syairi Mukhlis juga ikut memberikan ucapan selamat kepada 69 kepala desa (kades) terpilih yang dilantik Bupati Kotabaru pada Kamis (4/8/22).

“Atas nama ketua DPRD Kotabaru saya mengucapkan selamat atas dilantiknya kepala desa terpilih,” kata Syairi dalam keterangannya.

Dengan dilantiknya para kades tutur Syairi telah berakhir pula rangkaian proses pesta demokrasi pilkades serentak di Kotabaru.

Besar harapan ujarnya para kades terpilih ini nantinya bisa menjalankan dan mengemban amanah sesuai apa yang diharapkan masyarakat.

Ia meminta agar menghilangkan rasa perbedaan pada saat pilkades kemarin dan kembali bersatu membangun desa secara bersama- sama sesuai moto Bumi Saijaan ; Seiya-Sekata, Satu tujuan dan semufakat.

“Jangan lagi ada perbedaan sehingga akan menimbulkan perpecahan,” katanya.

Menurut Syairi tugas para kades setelah ini adalah mereka akan menyusun agenda kerja untuk pemerintah desa.

Dimana lanjut Syairi dalam penyusunan RPJMdes dan RKPD bisa bersinergi dengan program yang ada di Pemerintah Daerah Kotabaru.

“Paling tidak bisa bersesuaian dengan visi-misi program Bupati Kotabaru. Dan juga bisa mendengar keluhan masyarakat yang terjadi saat ini di arus bawah,” ucapnya.

Eks Kades Bungkukan ini mengingatkan bahwa apa yang menjadi skala prioritas di desa itu yang harus didahulukan.

Kemudian hal-hal lain sebut Syairi berupa semangat membangun, kerja cepat, kerja ikhlas dari kepala desa terpilih yang diharapkan.

“Dan sering koordinasi dengan pemerintah daerah. Dan harapan kita desa desa bisa bersaing ketat memajukan desanya masing masing,” kata dia.

“Manfaatkan regulasi yang sudah ada baik itu yang dibuat pemerintah daerah maupun pemerintah pusat,” katanya lagi.

Disisi lain yang tak kalah penting menurut dia adalah penguatan terhadap Bumdes, yang juga sangat perlu dilakukan dalam rangka membuka ruang- ruang dalam percepatan perekonomian di desa. ***