TANJUNG- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Tabalong tahun anggaran 2014 ini kembali membuka kesempatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) keterampilan bagi pencari kerja sebanyak 12 paket yang terbagi 7 paket pelatihan institusional dengan peserta sebanyak 112 orang dan 5 paket pelatihan non institusional dengan jumlah peserta 80 orang yang dilaksanakan di 5 kecamatan yakni kecamatan Jaro, Muara Uya, Tanta, Haruai dan kecamatan Kelua.
Pelatihan keterampilan itu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong H.Marzuki Hakim dan dihadiri unsur pimpinan dan staf Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Balai Latihan Kerja (BLK) serta perwakilan pimpinan dari beberapa perusahaan.
Dalam sambutannya H.Marzuki Hakim atas nama pemerintah daerah menyambut baik dilaksanakannya Diklat keterampilan bagi pencari kerja, melalui kegiatan pelatihan seperti inilah diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri bagi tenaga kerja produktif, terutama dalam mengupayakan ruang kerja atau peluang berusaha selain pelatihan keterampilan tenaga kerja seperti ini juga merupakan salah satu kegiatan yang strategis dalam rangka menjawab masalah ketenagakerjaan yang selalu membutuhkan persaingan secara kompetitif.
Dalam laporannya Kepala Disnakertrans kabupaten Tabalong H.M.Faisal menjelaskan kondisi sekarang ini jumlah pencari kerja tidak sebanding dengan lowongan kerja yang tersedia. Pada tahun 2013 saja jumlah pencari kerja tercatat sebanyak 8.487 orang terdiri laki-laki 5.148 orang, wanita 3.339 orang dengan jumlah penduduk rata-rata SLTA kebawah sedangkan yang ditempatkan 1.437 orang, khusus untuk tahun 2014 sampai bulan Maret jumlah pencari kerja sebanyak 841 orang dan yang dapat disalurkan hanya sebanyak 124 orang atau 14,75%.
 “Ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu terjadi antara lain SDM relative masih rendah dan belum mempunyai keterampilan, angkatan kerja yang masih didominasi dengan pendidikan menengah kebawah serta kurangnya minat wira usaha. Untuk itu perlu adanya upaya-upaya dari semua pihak baik pemerintah, perusahaan dan masyarakat,” katanya.
Diklat keterampilan tahun ini, yakni Diklat institusional 7 paket terdiri kejuruan automotive (mobil diesel), kejuruan las listrik, kejuruan instalasi listrik/AC, kejuruan komputer, kejuruan sekretaris, kejuruan akutansi dan kejuruan autocard (Desain grafis) dengan jumlah peserta laki 64 orang dan peserta wanita 48 orang. Metro7/Via